SuryaMalang/

Ekslusif Mobil Baru di Jatim

Jika Ada Kejadian Besar, Polisi Kerja Grudukan

“Kami menggunakan sistem prioritas untuk mensiasati kekurangan personel di lapangan. Jadi, saya konsentrasikan anggota ke titik yang rawan macet,"

Jika Ada Kejadian Besar, Polisi Kerja Grudukan
Tribunnews.com
Powan sedang mengatur lalu lintas 

SURYA Malang, SURABAYA - Bila ada kejadian menonjol, seperti kecelakaan dan demonstrasi besar, Raydian mengaku harus menggeser anggotanya ke lokasi.

Sistem grudukan ini dilakukan karena di titik terjadinya kejadian bisa dipastikan langsung mengalami kemacetan. Di Surabaya, satu titik macet, akan berdampak pada ruas jalan lainnya.

“Kami menggunakan sistem prioritas untuk mensiasati kekurangan personel di lapangan. Jadi, saya konsentrasikan anggota ke titik yang rawan macet dan berpotensi mengalami gangguan lalu lintas lainnya.

Bukan hanya lokasi, saya juga harus mengatur waktu yang berpotensi melahirkan kerawanan,” ungkapnya.

Cara lain yang dia lakukan adalah melakukan rekayasa jalan. Dia juga mengandalkan rabu lalu lintas untuk menggantikan peran polisi.

Raydian mencontohkan, rambu larangan belok langsung di traffick light atau larangan berhenti di sisi jalan. Adanya rambu itu, bisa menghemat tenaga polisi agar bisa berkonsentrasi di kawasan rawan.

Setiap bulan, Raydian melakukan analisa dan evaluasi bersama pemangku kebijakan lainnya. Dia rajin memberikan laporan timpangnya jumlah personel kepolisian dan panjang ruas jalan dibandingkan dengan pertumbuhan kendaraan.

Beberapa laporannya ditindaklanjuti, misalnya dengan pemasangan rambu.

(Miftah Faridl)

Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help