SuryaMalang/

Ekslusif Mobil Baru di Jatim

Satu Polisi Atur 60.000 Kendaraan, Subuh Sudah di Jalan

“Kami sudah siap jauh sebelum warga keluar rumah. Sebab kami harus berjaga di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi kendaraan bermotor,”

Satu Polisi Atur 60.000 Kendaraan, Subuh Sudah di Jalan
net
seorang polisi sedang mengatur kemacetan lalu lintas 

SURYA Malang, SURABAYA - Sebanyak 13 juta lebih kendaraan menjubeli jalanan di Jatim. Di tahun 2015 ini, jumlah itu diprediksi akan bertambah hingga 14 juta lebih. Kerja keras polisi lalu lintas menjadi taruhan di jalanan.

Pagi-pagi sekali, AKBP Raydian Kokrosono sudah di jalan menembus dingin. Sebelum bergerak ke titik kerawanan lalu lintas, Raydian membriefing anak buahnya yang tugas pagi kemarin. Aktivitas ini dilakukan sesaat sebelum warga kota keluar rumah menuju tempat kerja dan sekolah.

“Kami sudah siap jauh sebelum warga keluar rumah. Sebab kami harus berjaga di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi kendaraan bermotor,” ujar Raydian.

Sore menjelang senja, kesibukan itu kembali memadat. Jumlah kendaraan di Surabaya mencapai 3,63 juta untuk sepeda motor dan 9 ribu kendaraan roda empat.

Jumlah itu belum termasuk kendaraan besar seperti bus dan truk. Bila di bagi dengan jumlah polisi lalu lintas yang hanya 705 personel, satu polisi harus berjibaku dengan 60 ribu kendaraan.

Ketimpangan tersebut semakin tahun semakin mengaga. Surabaya sudah menjadi kota metropolitan. Hampir semua ruas di kota ini masuk kawasan ‘tengah’.

‘Kehidupan’ jalan-jalan di Surabaya juga nyaris 24 jam. Butuh tenaga dan strategi ekstra untuk memastikan kenyamanan warga kota selama beraktivitas.

Dari data Polrestabes Surabaya, pada 2014 rata-rata tiap bulan pengajuan STNK untuk mobil baru mencapai 4017 unit. Sedangkan sepeda motor mencapai 13.330 unit.

“Kami sendiri juga harus bekerja luar biasa kerat untuk mengurangi kekurangan jumlah personel. Beberapa upaya kami lakukan,” ujar Raydian.

(Miftah Faridl)

Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help