SuryaMalang/

Citizen Journalist

Komunitas Pendaki Malang Raya Bersihkan Sampah di Puncak Panderman

Perlu diketahui bagi yang belum pernah mendaki ke Panderman, sampah itu biasanya ditinggalkan oleh orang-orang yang mendaki pada malam hari....

Komunitas Pendaki Malang Raya Bersihkan Sampah di Puncak Panderman
istimewa
Komunitas Pendaki Gunung (KPG) Malang Raya membersihkan sampah di Gunung Panderman 

SURYAMALANG.COM - Selamatkan Gunung Panderman. Itu spirit kami, anggota Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya (KPG). Pada Sabtu dan Minggu pekan lalu, kami mendaki Gunung Panderman di Kota Batu.

Kami memasang plakat keterangan ketinggian gunung yang mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut, sedikit lebih tinggi dibanding Gunung Kelud (1.730 meter di atas permukaan laut) di sebelah baratnya, wilayah Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri.

Acara ini dipimpin administrator KPG, Irvan Fauzi, dibantu saya sebagai contact person Malang, Lutfi Eko Saputro dan contact person Kota Batu, Rorie Orie.

Selain itu juga teman-teman anggota KPG. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semuanya yang berjumlah 20 orang.

Setelah pemasangan plakat, kami bersih-bersih kawasan puncak Gunung Panderman. Semuanya tampak bersemangat, terbukti kami bisa mengumpulkan sampah hingga 10 kantong besar.

Dari mana asal sampah itu? Perlu diketahui bagi yang belum pernah mendaki ke Panderman, sampah itu biasanya ditinggalkan oleh orang-orang yang mendaki pada malam hari agar dapat menikmati indahnya Matahari terbit dari kawasan puncak.

Sayangnya, sampah seperti botol air mineral dan bungkus perbekalan lainnya itu tidak dibawa lagi saat turun gunung. Mereka membuang begitu saja di kawasan puncak.

Kami ingin, perilaku seperti itu tidak lagi terjadi dan semoga kegiatan kami ini bisa terus disambung oleh komunitas lain dan berlanjut ke gunung yang lain. Salam lestari. (Citizen Journalist : Lutfi Eko Saputro)

Editor: Aji Bramastra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help