SuryaMalang/

Malang Raya

Hebat, Mahasiswa Universitas Brawijaya Kalahkan GM Catur Dunia

“Tadi sempat kalah satu poin, tapi mungkin karena GM Susanto kurang fokus menghadapi banyak peserta, makanya saya bisa menang,”

Hebat, Mahasiswa Universitas Brawijaya Kalahkan GM Catur Dunia
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Grand Master (GM) Utut Adianto bermain catur buta melawan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Rizky Adhyaksa dalam Seminar Nasional, Powerful CSR yang digelar Cagak Sawita Rupa Indonesia di Gedung Widyaloka UB, Selasa (26/5/2015). Meski tidak melihat papan catur, GM Utut Adianto mampu mengalahkan Rizky Adhyaksa yang sebelumnya telah mengalahkan GM Susanto Megaranto dalam catur simultan 21 orang. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Grand Master (GM) Susanto Megaranto unjuk kemampuan bermain catur di Kota Malang, Jawa Timur. Pecatur andalan Indonesia itu dikeroyok 20 pecatur dalam cvatur simultan.

Selain dikeroyok 20 pecatur simultan, Susanto Megaranto bertanding lawan Rizky Adhyaksa, pemenang catur simultan asal Banyuwangi.

Setelah satu setengah jam, Rizky Adhyaksa (21), mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Brawijaya (UB) ini menjadi pemenang catur simultan di Gedung Widyaloka UB, Selasa (26/5/2015).

“Tadi sempat kalah satu poin, tapi mungkin karena GM Susanto kurang fokus menghadapi banyak peserta, makanya saya bisa menang,” jelasnya.

Rizky mengaku teknik profesional sudah terlihat dari langkah pembukaan pertandingan. Di setiap babak, dirinya mengaku melihat teknik-teknik baru dalam bermain catur.

“Langkah awalnya sudah tidak biasa, dia (Susanto Megaranto) kan sudah diakui sebagai GM termuda di dunia,” ungkapnya.

Setelah menjuarai catur Simultan, Rizky yang juga atlit catur sejak SD ini berkesempatan untuk bertanding lawan GM Utut Adianto.

Untuk mengimbangi permainan ini, Utut akan membelakangi papan catur sedangkan lawanya akan melihat papan catur seperti biasa. Hal ini menjadikan permainan catur ini dinamakan catur buta.

Dalam waktu sekitar 30 menit, Rizky sudah dikalahkan oleh Utut. Rizky mengaku, sejak awal permainan sudah dierikan serangan oleh Utut.

“Dari awal permainan hanya bisa bertahan, setelah diserang tidak berkutik. Saya juga lupa teknik yang saya gunakan karena sudah lama tidak latihan,” jelasnya.

Halaman
12
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help