SuryaMalang/

Citizen Reporter

Mahasiswa UB Malang Punya Cara Promosikan Potensi Desa ke Dunia, Baca Ini!

Khairina Salsabila, koordinator praktikum, menambahkan, kegiatan mahasiswa UB ini sudah mendapat restu Bupati Malang Rendra Kresna

Mahasiswa UB Malang Punya Cara Promosikan Potensi Desa ke Dunia, Baca Ini!
net
Mahasiswa Universitas Brawijaya 

SURYAMALANG.COM - Mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya (UB) Malang punya terobosan revolusioner dalam mempromosikan potensi desa-desa di wilayah Malang.

Dalam sebuah praktikum pembangunan pengembangan desa, mahasiswa-mahasiswa ini mempromosikan potensi dewa melalui medium teknologi internet. Nantinya, program yang digagas Elpeda, laboratorium pemerintahan UB ini, akan menyulap desa menjadi sesuatu yang menarik dan dapat dilakses dari seluruh dunia.

Mengusung tajuk Cyber Village from Local Going to Global, praktikum ini mengharuskan mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan UB membuat website desa-desa di daerah Malang. Di antaranya adalah Desa Sengguruh, Sananrejo, Ngadilangkung dan sebagainya. Praktikum ini sudah berlangsung cukup lama, sejak 7 April 2015 lalu dan akan berakhir 7 Juni 2015 nanti.

Rachmad Gustomy SIP MIP, dosen pembimbing praktikum saat pembukaan praktikum di Desa Sananrejo meyakinkan, Sananrejo yang kecil dan mungkin tak pernah diketahui warga luar desa, akan terlihat besar ketika potensi yang dimiliki desa dapat dilihat semua orang.

Misalnya, ungkapnya, budidaya jamur Desa Sananrejo yang baru diketahui segelintir orang, melalui website desa, jamur Sananrejo bisa diakses siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Mungkin pengusaha restoran akan langsung mengambil jamur dari desa ini.

Harapan tersebut direspons positif warga dan Kepala Desa Sananrejo mengingat belum banyak desa yang memiliki website yang mengedepankan potensinya. Tanggapan senada juga dilontarkan para kepala desa di desa-desa lainnya yang menjadi lokasi praktikum.

Hasil akhir dari praktikum ini adalah pada 2016 setiap desa di Kabupaten malang harus sudah memiliki sistem informasi desa atau simdes.

Khairina Salsabila, koordinator praktikum, menambahkan, kegiatan mahasiswa UB ini sudah mendapat restu Bupati Malang Rendra Kresna. Nantinya, hasil praktikum ini akan dipresentasikan sebagai inovasi di bidang pemerintahan desa di Kabupaten Malang agar potensi desa-desa di sana bisa mendunia. (*)

Penulis: HAIDAR FIKRI / Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya Malang

Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help