SuryaMalang/

Lapsus Fashion

Industri Clothing Malang Membanggakan, Setara dengan Bandung

Kota Malang merupakan barometer digital startup kedua setelah Bandung dengan banyaknya industri kreatif lokal yang dikenal masyarakat luas.

Industri Clothing Malang Membanggakan, Setara dengan Bandung
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
pengunjung memilih baju di stan dalam ajang KickFest 2015 di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jumat (4/9/3015). Ajang KickFest 2015 diikuti 78 peserta pameran dar berbagai kota di Indonesia. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN  – Kota Malang merupakan barometer digital startup kedua setelah Bandung dengan banyaknya industri kreatif lokal yang dikenal masyarakat luas.

Hal ini juga berlaku dalam segi fashion yang masuk dalam kategori industri kreatif.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo. Menurutnya setiap daerah punya karakteristik unggulan sesuai dengan potensi masing-masing termasuk Kota Malang.

“Malang yang memiliki banyak perguruan tinggi, bahkan lebih banyak dari Yogyakarta, akan menjadi sasaran bagi anak muda yang populasinya bertambah setiap tahun ajaran baru. Jadi sangat berpotensi untuk industri clothing maupun distro,” katanya.

Ia menyatakan ciri khas merek dan kualitas dari industri kreatif akan menjadi sasaran pelanggan. Asalkan pelaku usaha mampu membaca selera pasar dan trend sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung dari luar kota untuk berburu clothing di Malang.

“Melihat perkembangan industri kreatif yang semakin pesat, Malang bisa di bilang potensi untuk bisnis ini (clothing),” ujarnya.

Tetapi, kata Fadjar, yang lebih penting lagi yakni mengelola manajemen dengan baik untuk mempertahankan bisnis itu. Pengelolaan manajemen yang bagus juga mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman permodalan dalam upaya pengembangan usaha.

Ketua KICK Indonesia, Ade Andriansyah menyatakan, Malang perkembangan industri clothing di Malang hampir sama dengan Bandung dan Yogyakarta. Malang bergabung dengan KICK bersamaan dengan Yogyakarta dan Surabaya.

Di banding Surabaya, perkembangan industri clothing lebih pesat di Malang. Dengan alasan itu, KICK memilih Kota Malang sebagai tempat mennggelar Kickfest.

“Kalau di Surabaya belum berkembang, pelaku usahanya segitu aja, mungkin sekitar 15. Kalau di Malang yang bagus adalah karena industri ini bisa bertahan bahkan bertmbah banyak,” kata pemilik clothing Flashy asal Bandung itu.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help