Malang Raya

Peternak Lereng Gunung Kawi Kini Tak Perlu Beli Elpiji, Ini Sebabnya!

Ke depan Tridiyah berharap, semakin banyak warga yang memanfaatkan potensi biogas dari limbah organik.

Peternak Lereng Gunung Kawi Kini Tak Perlu Beli Elpiji, Ini Sebabnya!
surya/david yohanes
Kepala BLH Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti menunjukan reaktor biogas sumbangan Pt Greenfileds Indonesia. 

SURYAMALANG.COM, WONOSARI - Sebanyak 14 kepala keluarga di lereng Gunung Kawi Kabupaten Malang mendapatkan reaktor biogas dari PT Greenfields Indonesia, Jumat (4/12/2015).

Reaktor biogas diterima Kepala Badan Lingkungan Hidup Malang Tridiyah Maestuti untuk tiga kecamatan, yaitu Wagir, Ngajum dan Wonosari.

“Rektor biogas ini untuk membantu pengolahan limbah dan memberikan nilai lebih bagi peternak sapi mitra kami. Kami berharap dapat membantu mengurangi limbah organik sekaligus memberikan apresiasi kepada mereka,” terang Head of Milk Processing PT Greenfields Indonesia, Darmanto.

Darmanto berharap reaktor ini mampu menghasilkan biogas untuk memasak. Dengan demikian diharapkan para peternak tidak lagi tergantung dari tabung gas elpiji.

Reaktor ini memfermentasi limbah organik, termasuk kotoran sapi. Limbah ini kemudian diubah menjadi biogas, dengan kandungan utama metana dan karbon dioksida.

“Pembakaran metana dari biogas mampu menghasilkan energi yang lebih besar dan lebih bersih. Dan yang paling penting, reaktor ini membantu mengurai dan mengurangi volume limbah kotoran sapi. Sementara ampas kering uang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk pupuk,” katanya.

Sementara Tridiyah mengatakan, biogas ramah lingkungan sangat menguntungkan penerimanya. Karena itu, pihaknya menyambut positif apa yang dilakukan PT Greenfields Indonesia.

Ke depan Tridiyah berharap, semakin banyak warga yang memanfaatkan potensi biogas dari limbah organik.

“Semakin banyak pemanfaatan biogas, maka semakin mengurangi limbah organik. Apalagi gas yang dihasilkan lebih bersih dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Kemitraan PT Greenfields dengan peternak di lereng Gunung Kawi dimulai sejak tahun 2007.

Hingga kini terhimpun 160 peternak dengan 750 ekor sapi perah. PT Greenfields juga memberikan fasilitas gratis bagi peternak mitranya untuk menunjang produksi yang lebih baik.

Mulai dari pelayanan kesehatan hewan, inseminasi buatan, dan pendampingan intensif. Dinas Peternakan Kabupaten Malang juga mendukung kemitraan ini.

Penulis: David Yohanes
Editor: musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help