Malang Raya

Ribuan KIS Malang Raya 'Balik Kucing' Karena Penerimanya Meninggal Dunia

Ribuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didistribusikan di Malang Raya tidak terdistribusi, alias 'balik kucing'.

Ribuan KIS Malang Raya 'Balik Kucing' Karena Penerimanya Meninggal Dunia
net
kartu Indonesia Sehat 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ribuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didistribusikan di Malang Raya tidak terdistribusi, alias 'balik kucing'. Hal ini dikarenakan penerimanya sudah meninggal dunia dan pindah alamat.

Pendistribusian KIS di Malang Raya dilakukan oleh perusahaan pengiriman barang, JNE. Kepala Cabang JNE Malang Windu Abdi Woro mengatakan pihaknya mendapatkan amanat mendistribusikan 219.756 amplop yang berisi Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari dana APBN.

"Dalam satu amplop bisa berisi untuk satu keluarga yang terdiri empat atau tiga kartu," ujar Windu, Rabu (3/2/2016).

JNE diberi waktu mendistribusikan KIS di Malang Raya mulai November 2015 - Februari 2016. Windu mengatakan tidak mendapatkan kendala berat selama distribusi tersebut. Kalaupun menemukan alamat tidak tepat seperti di KIS, pihaknya masih bisa memverifikasi dengan alamat di KTP.

"Juga kroscek ke tetangga terdekat. Biasanya yang kami temukan, jalan dan nama desa atau kelurahan benar, tetapi ada nomor Ia atau Ib. Hanya begitu saja sih, dan sejauh ini tidak ada kendala berat," ujar Windu.

Selama masa pendistribusian itu, ada beberapa KIS yang tidak terdistribusi yakni 2.741 kartu di periode I dan 1.779 kartu di periode II. Kartu itu tidak terdistribusi karena penerimanya sudah meninggal dunia atau pindah domisili.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved