SuryaMalang/

Jendela Dunia

Hati-hati, Televisi Ini Bisa Menguping dan Menyebarkan Obrolan Anda

Perusahaan berbasis di Korea Selatan ini mengatakan smart TV (televisi cerdas) Orwellian produk mereka bisa mendengarkan pembicaraan di sekitarnya.

Hati-hati, Televisi Ini Bisa Menguping dan Menyebarkan Obrolan Anda
upi.com
TV Samsung 

SURYAMALANG.COM LOS ANGELES - Jaga ucapan anda ketika berbicara di depan televisi kami. Begitulah kira-kira peringatan yang disampaikan raksasa elektronika Samsung.

Perusahaan berbasis di Korea Selatan ini mengatakan smart TV (televisi cerdas) Orwellian produk mereka bisa mendengarkan pembicaraan di sekitarnya.

Seperti dikutip dari upi.com, Selasa (16/2/2016), Samsung menyebut fitur aktivasi suara pada televisi cerdas mereka bisa menjalankan perintah atau menjawab pertanyaan.

Tidak cuma itu, TV pintar Samsung juga bisa menyerap informasi yang ditangkap dari percakapan di sekitarnya.

Lalu pesan itu disebarkan lewat perangkat Samsung lain atau pihak ketiga. Bayangkan bila yang terserap itu informasi sensitif?

"Hati-hati, kata-kata, termasuk data pribadi atau informasi sensitif lainnya, bisa termasuk dalam data yang diserap dan ditransmisikan ke pihak ketiga," demikian peringatan dalam buku petunjuk salah satu televisi Samsung, Orweillan.

Sejak peringatan dalam buku petunjuk pengguna itu diberitakan The Daily Beast, sejumlah kelompok melayangkan keluhan atas implikasi TV Orwellian.

Masih dikutip upi.com, Samsung pun merespons dengan disclaimer yang menjelaskan cara kerja aktivasi suara di TV Orwellian.

Namun, Samsung juga menegaskan, pihaknya tidak menahan atau menjual informasi itu.

Kepada BBC, pihak ketiga yang dimaksud adalah Nuance, sebuah perusahaan dengan spesialisasi mengenali suara.

"Kalau saya jadi pengguna, saya mungkin harus tahu siapa pihak ketiga itu, dan saya ingin tahu apakah kata-kata saya akan ditransmisikan dalam bentuk yang aman," kata Corynne McSherry, pengacara kekayaan intelektual pada Electronic Frontier Fondation.

Samsung mengatakan, para pemilik TV akan mengetahui bahwa fitur aktivasi suara sedang menyala karena ikon mikrofon tampak di layar.

Penulis: Adi Sasono
Editor: musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help