SuryaMalang/

Malang Raya

Jatim Jadi Titik Kumpul Lalu Lintas Data Selama Lebaran

#Malang Sedangkan pada 2016, kami prediksi traffic data awal Ramadan mencapai 938 TB perhari dan puncak Lebaran di angka 1.103 TB/hari, kata Abimanyu

Jatim Jadi Titik Kumpul Lalu Lintas Data Selama Lebaran
SURYAMALANG.COM/Adi Sasono
Joko Riswadi menunjukkan kecepatan download dan upload Indosat Ooreedoo lewat aplikasi Speedtest dalam drive test di atas bus dari Surabaya ke Malang, Senin (23/5/2016). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Jawa Timur menjadi satu dari sekian wilayah di Jawa yang menjadi perhatian Indosat Ooreedoo selama periode Ramadan hingga Lebaran.

Achmad Abimanyu, Chairman Lebaran Festive Indosat Ooreedoo, mengatakan, saat Ramadan hingga Lebaran bakal terjadi peningkatan traffic baik voice, data maupun SMS.

Semua orang, kata Abimanyu, akan meningkatkan intensitas hubungan dengan orang lain pada periode ini. Dan itu, kata Abimanyu, akan dilakukan dengan menggunakan ponsel, baik untuk menelepon, chatting maupun SMS.

"Jadi, kami harus memastikan jaringan aman agar tidak terjadi kegagalan," kata Abimanyu.

Sementara itu Joko Riswadi, Head Radio Network Design & Optimization Indosat Ooreedoo, mengatakan Jawa Timur akan mengalami masa peak (puncak) pada H+3 Lebaran.

Hal ini disebakkan banyaknya pemudik yang menghabiskan masa liburnya di Jawa Timur, termasuk Malang Raya.

"Kita tahu, Malang Raya, terutama Kota Batu dipenuhi begitu banyak pemudik setelah Lebaran," kata Joko.

Kata Joko, Jatim merupakan titik kumpul para pemudik terutama dari wilayah barat, seperti Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. "Justru selama periode itu, Jakarta turun traffic-nya," katanya.

Secara khusus Joko menunjuk jalur Surabaya - Malang yang sehari - hari sudah tinggi. "Sehari hari sudah tinggi, apalagi Lebaran," katanya.

Karena traffic tinggi itulah, Indosat Ooreedoo menggelar drive test untuk memastikan kesiapan operator ini menghadapi Lebaran.

Halaman
12
Penulis: Adi Sasono
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help