Malang Raya

Terbukti Cemari Lingkungan, Ini Tiga Rekomendasi BLH ke Greenfields Indonesia

#Malang - Ini tiga rekomendasi BLH ke Greenfields Indonesia

Terbukti Cemari Lingkungan, Ini Tiga Rekomendasi BLH ke Greenfields Indonesia
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Petugas Badan Lingkungan Hidup sedang menggelar pemeriksaan di tempat yang diduga sebagai pembuangan limbah PT Greenfields 

SURYAMALANG.COM, NGAJUM - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang mengeluarkan tiga rekomendasi untuk PT Greenfields Indonesia. Tiga rekomendasi tersebut merupakan sanksi yang harus ditaati, setelah limbah perusahan susu ini mengalir ke Kali Babadan.

Kepala BLH Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti mengungkapkan, lembaganya mengirim surat rekomendasi tersebut pada Kamis (2/6/2016). Pertama, PT Greenfields harus merevisi nota kesepahaman (MoU) dengan lembaga atau kelompok tani terkait penggunaan limbah.

PT Greenfields diketahui mempunyai kontrak kerja sama dengan masyarakat, terkait pemanfaatan limbah. Di dalam perjanjian tersebut, pihak perusahaan sanggup dan bersedia menyalurkan limbah cair kepada masyarakat.

Kedua, lagoon (bak penampungan limbah) harus diawasi secara bersama-sama oleh perusahaan dan pengguna limbah. Dan yang ketiga, PT Greenfields wajib menggunakan alat penghitung volume (flow meter). Dengan alat ini bisa diketahui, berapa kubik limbah yang dikeluarkan.

“Ketiga pintu lagoon dibuka, akan ketahuan berapa yang sudah dialirkan. Ini penting, agar volume yang keluar bisa dikontrol,” terang Tridiyah, Jumat (3/6/2016).

Pihak PT Greenfields wajib melaksanakan tiga rekomendasi tersebut. Jika diabaikan dan terjadi pencemaran lagi, maka BLH akan mengeluarkan sanksi yang lebih tegas.

Sebelumnya, limbah PT Greenfields mengalir ke jalan dan masuk ke Kali Babadan. Limbah tersebut mengalir hingga ke tiga dusun, yaitu masing Dusun Maduarjo, Dusun Perungroto dan Dusun Jambuwer.

Penulis: David Yohanes
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved