Kota Batu

Harga Apel asal Kota Batu kini Melejit, Per Kilogramnya Bisa Mencapai Rp 32.000

Harga Apel asal Kota Batu kini melejit, per kilogram bisa mencapai Rp 32.000 per kilogram. Alasannya...

Harga Apel asal Kota Batu kini Melejit, Per Kilogramnya Bisa Mencapai Rp 32.000
SURYAMALANG.com/Ahmad Amru Muiz
Buah apel hasil panen petani yang jumlahnya menurun tajam akibat musim penghujan berkepanjangan menjadikan harga buah apel melambung tinggi hingga Rp 20 ribu per kilogramnya, Kamis (23/6/2016). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Harga dan pertanian buah apel di Kota Batu kini tengah jatuh karena pengaruh cuaca.

Salah satu petani buah Apel Desa Punten Kecamatan Bumiaji, Sutarman mengatakan, bila cuaca baik hasil panen apel mencapai 30 ton per hektar, sekarang berkurang tinggal 3 ton per hektar.

"Penurunan hasil panen buah Apel sekarang ini menjadi yang terburuk. Kondisi seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya," kata Sutarman, Kamis (23/6/2016).

Dijelaskan Sutarman, hasil panen buah Apel sekarang jelek karena banyak bunga Apel yang busuk dan rusak terkena air hujan.

Ini membuat pohon Apel tak berbuah maksimal, cenderung tidak berbuah.

"Kalaupun berbuah kondisi buah juga tidak maksimal karena banyak sortiranya. Jadi boleh dibilang saat ini masa sulit buah apel," ucap Sutarman.

Oleh karena itu, harga buah Apel Batu mengalami kenaikan sangat signifikan.

Di tingkat petani saja, harga buah apel jenis manalagi sudah mencapai 20.000 per kilogram, biasanya harga ada dikisaran Rp 8.000 - Rp 9.000 per kilogrammnya.

Demikianpula dengan Apel Merah yang biasanya dijual dikisaran Rp 10.000 - Rp 12.000 perkilogram, sekarang ini dijual seharga Rp 30.000  perkilogramnya.

"Maka dari itu, harga jual buah Apel di pasar atau toko buah sekarang ini melambung tinggi dibanding harga ditingkat petani, dan itu cukup wajar," tandas Sutarman yang juga memasok buah Apel ke Provinsi Bali dan lainya tersebut.

Selain itu, para pemilik kebun kini kebingungan karena banyak pengunjung wisata yang datang menikmati petik buah, tapi Apel tak banyak berbuah.

Terpisah, pedagang buah di Jalan Raya Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Suparmi mengeluhkan kenaikan harga apel saat ini.

"Akibatnya ya banyak pembeli yang mengurungnya beli buah Apel. Dan memang kenaikan harga buah Apel sekarang ini luar biasa tingginya," kata Suparmi.

Saat ini harga buah Apel ditempatnya dijual sekitar Rp 25.000 perkilogram untuk Apel jenis Manalagi.

Sedangkan untuk Apel Merah dijual seharga Rp 32.000 per kilogramnya.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved