SuryaMalang/

Kota Malang

Genjot Potensi Pajak, Dinas Pajak Kota Malang Siagakan Petugas Pajak saat Lebaran

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang akan mengenjot potensi pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir selama libur lebaran

Genjot Potensi Pajak, Dinas Pajak Kota Malang Siagakan Petugas Pajak saat Lebaran
surya/samsul hadi
Wali Kota Malang Abah Anton saat serahkan tagihan pajak PBB untuk lurah, Senin (5/1/2015) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang akan mengenjot potensi pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir selama musim libur Lebaran mendatang.

Kepala Bidang Penagihan Dispenda Kota Malang Dwi Cahyo YT mengatakan, agar potensi pajak itu tak menguap, pihaknya sudah membangun strategi.

Salah satunya dengan menyiagakan petugas Unit Pelaksana Lapangan (UPL) empat jenis pajak itu. Mereka akan tetap bertugas berkeliling memantau para wajib pajak.

Jatah libur lebaran para petugas itu nantinya akan diganti di waktu lain. Ia mengatakan, tim memang dibagi dengan komposisi sebagaian besar beragaman nonmuslim.

Dengan begitu, tugas tidak banyak membebani para petugas yang harus mudik ke kampung halaman masing-masing. Dispenda juga sudah meminta kebijakan khusus ke Pemkot. Mobil Dinas para petugas itu tetap boleh dipakai meski yang lain harus dikandangkan.

Selama Ramadan ini, pendapatan pajak memang cenderung menurun dibanding bulan-bulan biasa.

Ditutupnya tempat hiburan selama sebulan penuh menjadi salah satu penyebab utama. Banyaknya restoran yang hanya buka pada petang dan malam hari juga berpengaruh meski tak signifikan.

“Saat liburan, okupansi hotel dan penginapan pasti tinggi. Restoran dan tempat hiburan biasanya juga ikut terimbas ramai akibat banyaknya wisatawan. Hal itu juga berdampak pada potensi pajak parkir yang akan naik juga,” katanya, Kamis (30/6/2016).

Empat jenis pajak yang akan digenjot selama musim liburan itu adalah pajak yang pelakunya melaporkan sendiri (self assessment).

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pendapatan pajak memang meningkat saat musim libur Lebaran.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help