SuryaMalang/

Malang Raya

Robot Universitas Brawijaya Ikut Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI

"Untuk kepentingan HUT Kemerdekaan RI itu, robot-robot diprogram ulang lagi. Supaya gerakan lebih halus,"

Robot Universitas Brawijaya Ikut Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI
Istimewa
Robot karya Tim Robot Teknik Elektro Universitas Brawijaya (UB) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Menyemarakkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, beberapa robot karya Tim Robot Teknik Elektro Universitas Brawijaya (UB) mengikuti upacara bendera.

Ini terlihat dari youtube yang dipublikasikan oleh tim pada 16 Agustus 2016. Surya Agung, anggota tim robot menyatakan kepada SURYAMALANG.COM, tiap robot ada perannya.

Sebagai pembawa bendera adalah robot Yume, robot berkaki sedang. Benderanya dilipat dan diletakkan di atas badannya. Agar hidup, ada iringan musiknya sebagai back sound. Ia bergerak mendekati tiang bendera.

Sedang robot Rajwa yang menarik bendera merah putih sampai ke atas tiang. Saat bendera itu ditarik, terdengar lagu Indonesia Raya. Kemudian robot Reena menjadi dirijen lagu Indonesia Raya. Reena berpakaian daerah.

Sementara saat bendera merah putih berkibar, robot-robot lainnya sebagai peserta upacara juga memberikan hormat laiknya manusia. Dosen pembimbing salah satu robot, Eka Maulana ketika dihubungi SURYAMALANG.COM menyatakan robot-robot itu sudah ada.

"Untuk kepentingan HUT Kemerdekaan RI itu, robot-robot diprogram ulang lagi. Supaya gerakan lebih halus," kata Eka.

Ini bisa terlihat dari robot yang jadi dirijen yang seperti tak kalah dengan manusia.

Untuk kegiatan itu, melibatkan lima tim robot. Setiap tim, anggotanya antara tiga sampai lima orang. Robot-robot tersebut pernah mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI). Dan mereka akan diikutikan lagi di event itu pada tahun depan.

"Jadi, Agustus sampai Desember 2016 harus mulai disiapkan," katanya.

Sehingga, ada waktu penyempurnaan bagi robot-robot. Sedang alasan membuat robot mengikuti upacara bendera HUT RI ke 17 adalah sebagai moment menggali kreatifitas.

Ternyata setelah ditayangkan di youtube, banyak juga yang melihat dan memuji robot upacara bendera itu.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help