Kota Batu

MCW Soroti Perubahan Anggaran Kota Batu 2016, Alasannya Kurang Berpihak ke Rakyat

Malang Corruption Watch menilai perubahan anggaran Keuangan Kota Batu belum berpihak ke masyarakat. Ini Alasannya...

MCW Soroti Perubahan Anggaran Kota Batu 2016, Alasannya Kurang Berpihak ke Rakyat
Pemkot Batu
Logo wisata Batu, Shining Batu 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Malang Corruption Watch (MCW) menilai Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2016 Kota Batu kurang berpihak pada rakyat.

Ini setelah kualitas PAK APBD 2016 masih jauh dari asas tertib, taat regulasi, efektif, efisien, ekonomis, transparan, bertanggungjawab, adil, patut, dan bermanfaat untuk masyarakat.

Divisi Korupsi Politik MCW, Muhammad Taher Bugis mengatakan, PAK APBD 2016 Kota Batu ketidakberpihakkannya bisa dilihat dari belanja pemerintah.

Di sana tertulis kendaraan dinas, belanja seragam, dan pengadaan mebeler di beberapa SKPD ketika ditotal keselurahannya mencapai sebesar Rp 27,9 miliar.

"Hal tersebut bisa dilihat sangat jauh dari kepentingan masyarakat Kota Batu," kata Taher Bugis, Kamis (25/8).

Dijelaskan Taher Bugis, dalam PAK APBD tahun 2016 ini masyarakat hanya mendapatkan porsi kecil.

Di antaranya Program pencegahan dan Penanggulangan penyakit menular hanya sebesar Rp 66,28 juta, peningakatan Imunisasi sebesar Rp 90 juta, pemberdayaan masayarakat Program Makanan Tambahan Anak Usia Dini sebesar Rp 65,25 juta.

"Melihat kenyataan dan kondisi PAK APBD 2016 itu kami menilai tidak ada keberpihakan kepada masyarakat Kota Batu," ucap Taher Bugis.

Dikatakan Taher Bugis, Pemkot Batu di dalam pengalokasian anggaran untuk lima program atau proyek dalam PAK APBD 2016 ada yang total mencapai sebesar Rp 101,56 miliar.

Angka tersebut membuat publik bertanya-tanya. Apakah pengalokasian anggaran untuk lima program salah satunya smartcity tersebut sudah mengikuti prasyarat sebagaimana terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah?

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help