Malang Raya

Pelantikan Uskup Ketiga di Malang Akan Dihadiri Duta Besar Vatikan, Guido Filipazzi

Sekitar 10 ribu umat Katholik se-Indonesia akan menghadiri kegiatan Misa Tahbisan Uskup Malang

Pelantikan Uskup Ketiga di Malang Akan Dihadiri Duta Besar Vatikan, Guido Filipazzi
Tribunnews.com
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Antonio Guido Filipazzi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sekitar 10 ribu umat Katholik se-Indonesia akan menghadiri kegiatan Misa Tahbisan Uskup Malang, yang digelar pada Sabtu (3/9/2016). Kegiatan yang diadakan di Stadion Gajayana, Kota Malang ini akan dihadiri oleh Nuntius (Duta Besar) Vatikan, yakni Antonio Guido Filipazzi.

Kegiatan Tahbisan Uskup ini merupakan pelantikan Uskup Mgr. Prof Dr Hendricus Pidyarto, OCarm yang menggantikan HJS Pandoyoputro OCarm. Uskup Pandoyoputro sudah memimpin selama 27 tahun sejak tahun 1989.

Ketua Komunikasi Sosial Keuskupan Malang 2016, Eko Putranto, mengatakan, Uskup yang akan dilantik ini memiliki biografi pernah menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Widya Sasana.

"Nanti, Uskup yang dilantik ini akan memimpin wilayah Malang sampai Banyuwangi. Yakni meliputi, Malang, Pasuruan, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Madura," tuturnya saat ditemui SURYAMALANG.COM di Gereja Katredal Ijen, Kamis (1/9/2016).

Prof Dr Hendricus Pidyarto akan dilantik oleh Uskup dari Jakarta yakni Suharyo yang sekaligus ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Serta didampingi oleh Uskup dari Bandung yakni Antonius Subianto, dan Uskub dari Surabaya, Vincentius Sutikno.

Sebelum kegiatan besar, yakni pelantikan Uskup Malang, Jumat (2/9/2016) sore akan diadakan kegiatan ibadat, lalu pemberkatan alat-alat yang akan digunakan pelantikan uskup, serta ada ucap sumpah setia pada Vatikan.

Seperti yang diketahui, wilayah Malang-Banyuwangi ini telah ada pergantian tiga Uskup. Terlebih yang pertama ialah Hadi Sumarta OCarm yang dilantik pada 1973.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help