Malang Raya

SMA-SMK Dikelola Provinsi Jatim, Dinas Pendidikan Kota Malang Fokus Urus Guru PAUD-SMP

"Bebannya jadi berkurang karena sudah tidak mengurusi guru SMA-SMK,"

SMA-SMK Dikelola Provinsi Jatim, Dinas Pendidikan Kota Malang Fokus Urus Guru PAUD-SMP
Tribunnews
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Setelah dikelola Pemprov Jatim per 1 Oktober 2016, maka para guru SMA-SMK menjadi beban provinsi. Sehingga Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang bisa fokus mengurus guru PAUD hingga jenjang SMP.

"Bebannya jadi berkurang karena sudah tidak mengurusi guru SMA-SMK," kata Jianto, Kasi Fungsional Dindik Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Senin (26/9/2016).

Jumlah guru SMK yang berstatus PNS sebanyak 522 orang. Sedang guru SMA yang PNS sebanyak 492 orang. Sedang guru swasta ada 1.442.

Sementara guru SD berjumlah sekitar 1.990 dan guru SMP sebanyak 1.500 orang. Menurut dia, sebagian besar guru sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Terkait nasib GTT-PTT, menurut dia semua sudah diserahkan ke provinsi. Ia tidak mengetahui apakah nanti insentif buat mereka akan lebih tinggi dari sebelumnya.

"Ya tergantung gubernur," jawabnya.

Jumlah GTT-PTT SMA-SMK Kota Malang sebanyak 1.277 orang. Mereka selama ini juga sudah mendapat insentif dari Pemkot Malang. Menurut Jianto, sejak akan dilaksanakan pengalihan pengelolaan ke pemprov, tidak ada mutasi.

"Kan tidak diperbolehkan ada rotasi. Kalaupun ada yang keluar, itu karena alasan pribadi yaitu ikut suami," kata dia.

Ditambahkan dia, pada Oktober 2016 akan ada pengesahan kasek baru se Jawa Timur oleh pemprov di Sidoarjo. Mereka adalah kepala sekolah dan kepala TU.

Sebelumnya, Tri Suharno, Ketua MKKS SMAN Kota Malang menyatakan formasi kepala sekolah (kasek) SMAN/SMKN yang kosong nantinya akan dilelang. Untuk itu, mereka harus mengikuti ujian untuk mengisi formasi itu.

Hal ini akan dilakukan setelah SMA/SMK dialihkelola oleh pemerintah provinsi mulai 1 Oktober 2016 dari kota/kabupaten.

Dijelaskan Tri, kekosongan kasek pertama di SMAN Kota Malang terjadi jika kepala SMAN 7 pensiun di usia 60 tahun.

"Nanti kekosongan formasi itu dibuka untuk kasek se Jatim. Yang mau mengisi akan berkompetisi," terang Kepala SMAN 10 Kota Malang ini kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (23/9/2016).

Menurut dia, memang tidak ada mutasi saat SMA-SMK dikelola pemrov. Namun dengan mengikuti kompetisi mengisi jabatan dan misalkan lolos, otomatis akan mutasi sendiri.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved