Malang Raya

Ayo Mengenal Kapolri Pertama dan Terlama di Indonesia…

“Beliau-lah yang membangun gedung Mabes Polri pertama dan termegah di Jakarta pada 1950,” kata Komjen Pol (Purn) Ahwil Lutan.

Ayo Mengenal Kapolri Pertama dan Terlama di Indonesia…
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Bedah Buku Jejak R.S.Soekanto Tjokrodiatmojo di Kantor Peradi Kota Malang, Sabtu (15/10/2016). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Jabatan kepala Kepolisian RI silih berganti. Tapi ada polisi yang pernah menjadi kapolri terlama, yaitu Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodiatmojo.

Soekanto dipercaya memimpin polisi pada 29 September 1945 atau sekitar sebulan setelah Indonesia merdeka. Presiden Soekarno memberhentikan Soekanto pada 14 Desember 1959. Berarti Soekanto menjabat sebagai Kapolri selama 14 tahun.

Sepak terjang Soekanto selama menjabat sebagai Kapolri dikupas dalam bedah buku kantor Peradi Kota Malang, Sabtu (15/10/2016). Buku itu berjudul Jejak Peletak Dasar Kepolisian Jenderal Polisi R S Soekanto Tjokrodiatmojo dan Relevansinya Terhadap Reformasi Kultural Polisi.

Hadir dalam acara bedah buku ini Komjen Pol (Purn) Ahwil Lutan selaku editor, dan Kapolres Malang, AKBP Decky Hendarsono. Ahwil mengaku terlibat dalam kepenulisan buku ini karena terinspirasi oleh kapolri yang mampu menjabat selama 14 tahun. Dia yakin kepolisian tidak akan ada tanpa peran Soekanto.

“Beliau-lah yang membangun gedung Mabes Polri pertama dan termegah di Jakarta pada 1950,” kata Ahwil.

Menurutnya, Soekanto telah menjadi peletak dasar polisi profesional. Makanya dia mengusulkan agar Soekanto mendapat gelar pahlawan nasional.

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Decky Hendarsono mengatakan buku tersebut bagian dari penghormatan terhadap kepolisian. Terbitnya buku itu bisa menjadi penambah semangat polisi.

“Bukan hanya dalam jabatan saja. Tetapi juga peran mengayomi negara,” kata Decky.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved