Malang Raya

Ternyata Ada Kampung Cokelat di Kota Malang, Ini Lokasinya

Bila penanaman pohon cokelat sudah membudi daya, dia berharap kawasan tersebut bisa menjadi tempat wisata tematik.

Ternyata Ada Kampung Cokelat di Kota Malang, Ini Lokasinya
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Wali Kota Malang, M Anton menyalami warga dalam Blusukan di Kelurahan Arjowinangun, Kota Malang, Minggu (6/11/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG – Kelurahan Arjowinangun, Kedungkandang, Kota Malang mencanangkan diri menjadi Kampung Cokelat. Hal itu dikuatkan dengan kunjungan Wali Kota Malang, M Anton ke kelurahan tersebut dalam acara temu sapa dan sambung rasa, Minggu (6/11/2016).

Anton juga ikut menanam pohon cokelat di area yang akan menjadi tempat budidaya cokelat. Lurah Arjowinangun, Taqruni Akbar mengatakan semua lahan kosong akan ditanami cokelat.

“Di celah dan lorong jalan. Tidak ada sejengkal saja yang tidak ditanami cokelat,” kata Akbar.

Dia mengakui rencana pengembangan dan budi daya cokelat berkaitan dengan tuntutan inovasi kampung untuk program Kampung Tematik. Bila penanaman pohon cokelat sudah membudi daya, dia berharap kawasan tersebut bisa menjadi tempat wisata tematik.

Tanaman cokelat sengaja dipilih karena tanaman ini bisa diolah menjadi aneka jenis penganan. Pihak kelurahan sudah koordinasi dengan perangkat RT dan RW.

Konsep wisata yang bakal diusung adalah ekonomi religi berbasis gotong royong. Konsep wisata cokelat akan ditunjang pengembangan komoditas lain, seperti bahan pangan beras. Kelurahan ini berencana membudidayakan beras merah sebagai produk pertanian.

“Ibu-ibu bisa mengolah menjadi makanan balita. Walau hanya sebulan sekali, yang penting ada tambahan gizi gratis,” ungkap Taqruni.

Sementara itu, Wali Kota Malang, M Anton mengatakan seharusnya konsep Kampung Cokelat bisa dilaksanakan. Setiap kelurahan harus memiliki ciri khas pembeda.

“Inisiatif dari bawah. Dari masyarakat,” tuturnya.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help