SuryaMalang/

Malang Raya

Nasdem Kabupaten Malang Siapkan Strategi Baru untuk PAW Lukito

“Kalau setelah 19 Januari mendatang BK belum pleno, kami akan mempertanyakan. Karena ini sudah menyangkut kepentingan umum,” tegas Eko.

Nasdem Kabupaten Malang Siapkan Strategi Baru untuk PAW Lukito
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Lukito Eko Purwandono (dua dari kanan mengenakan baju biru). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mempertanyakan lambannya proses pemecatan Lukito Eko Purwandono sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang. Padahal mantan anggota Partai Nasdem ini sudah diputus bersalah dan sudah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lowokwaru.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Malang, Sutiono mengatakan partainya sangat dirugikan. Sampai saat ini Lukito masih berstatus sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang dari Partai Nasdem. Padahal secara resmi, Lukito sudah dipecat karena kasus perzinaan.

“Secara organisasi, kami dirugikan. Dia sudah dipecat, tapi masih menjadi anggota DPRD membawa nama Nasdem. Lukito tidak mewakili Nasdem lagi,” ujar Sutiono, Selasa (3/1/2017).

Sutiono berharap pimpinan dewan segera memroses pergantian Lukito. Nasdem pun sudah menyiapkan calon pengganti Lukito.

Kuasa hukum Partai Nasdem Kabupaten Malang, Eko Setyo Cahyono mengatakan pihaknya masih akan mengusahakan Pergantian Antar Waktu (PAW) Lukito. Di antaranya mengacu pada UU 17/2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3).

“Menurut UU tersebut, anggota DPRD yang tidak masuk tanpa izin sah selama tiga bulan harus diberhentikan. Karena itu kami menunggu hingga tiga bulan sejak yang bersangkutan ditahan,” ujar Eko.

Jika dihitung sejak Lukito dieksekusi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen ke LP Lowokwaru, maka 19 Januari mendatang sudah mencapai tiga bulan. Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Malang harus melakukan pleno terkait ketidakhadiran Lukito.

“Kalau setelah 19 Januari mendatang BK belum pleno, kami akan mempertanyakan. Karena ini sudah menyangkut kepentingan umum,” tegas Eko.

Berdasar mekanisme, hasil pleno BK tentang PAW Lukito akan diteruskan kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang. Ketua Dewan harus meneruskan ke Gubernur melalui Bupati Malang dalam waktu sepekan. Bupati juga punya waktu sepekan meneruskan hasil pleno ke Gubernur Jatim.

Gubernur yang memberi restu untuk menerbitkan surat PAW Lukito. Saat ini Eko mengaku terus menjalin komunikasi dengan BK agar proses tersebut berjalan semestinya.

Penulis: David Yohanes
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help