Malang Raya

Mayoritas Pengangguran di Kota Malang Ada di Kedungkandang, Ini Penyebabnya

Wilayah yang paling banyak di Kecamatan Kedungkandang, sekitar 7,7 persen dari 5 kecamatan.

Mayoritas Pengangguran di Kota Malang Ada di Kedungkandang, Ini Penyebabnya
net

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kecamatan Kedungkandang mendominasi angka pengangguran di Kota Malang sampai akhir 2016. Berdasar data di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang, jumlah pengangguran di Kota Malang mencapai 6.257 orang.

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans, M Sidik mengatakan jumlah pengangguran itu didominasi usia produktif, yakni antara 15-22 tahun.

“Jumlah pengangguran itu turun dari tahun 2015. Memang mayoritas pengangguran itu lulusan SMA atau SMK. Wilayah yang paling banyak di Kecamatan Kedungkandang, sekitar 7,7 persen dari 5 kecamatan. Selain jumlah penduduk yang banyak, penduduknya juga jarang berinteraksi dengan dunia luar,” kata Sidik kepada SURYAMALANG.COM, Senin (9/1/2017).

Pengangguran di Kota Malang mencapai 6.920 pada pada 2015. Pihaknya sudah melakukan pemberdayaan masyarakat untuk menekan angka pengangguran, seperti pelatihan program padat karya.

Masalah adlah ada yang belum bekerja. Ada pula yang bekerja, tetapi tidak bisa mengembangkan dari pekerjaannya.

“Kalau pemberdayaan, biasanya diarahkan ke dalam garapan infrastruktur ringan, seperti pembangunan jalan desa. Setiap desa bisa memberdayakan warganya yang tidak bekerja. Jadi, secara otomatis akan mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help