Otomotif

Prihatin, Inikah Pertanda Motor Suzuki Tinggal Sejarah di Indonesia?

Setelah ditelusuri, ternyata SIS sudah stop mendistribusikan Nex 110, New Smash, Hayate, Inazuma, dan Young Star, per April 2016.

Prihatin, Inikah Pertanda Motor Suzuki Tinggal Sejarah di Indonesia?
kompas.com/Suzuki Indomobil Sales
Suzuki Satria dengan Turbo Charger. Ngacir. 

SURYAMALANG.COM - Motor Suzuki pernah mengalami era kejayaannya di Indonesia.

Suzuki RC Bravo misalnya, merupakan motor 'sejuta umat' legendaris yang pernah ada di Indonesia.

Tapi, diam-diam, kondisi penjualan merek sepeda motor Suzuki di Indonesia ternyata sudah bagai di ujung tanduk.

Semakin mendekati akhir tahun, banyak model yang tak lagi dikirim ke diler.

Bahkan pada Oktober 2016 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) cuma mendistribusikan satu model saja ke diler, yaitu Satria F150.

Kondisi yang cukup bikin miris ini tercermin dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang mencantumkan aktivitas distribusi dari pabrik atau agen pemegang merek ke diler (wholesales), sejak awal tahun hingga bulan lalu.

Hanya Satria F150 yang terkirim 2.468 unit. Ada satu model lagi yang dikirim 1 unit, yakni moge sport 650 cc.

Padahal, bulan lalu, SIS masih mengirimkan Skutik Address 1.157 unit. Alhasil, penjualan Suzuki Oktober 2016 praktis tinggal 2.469 unit.

Kondisi yang mirip juga sudah dialami SIS pada April 2016 lalu dengan distribusi ke diler cuma 1.800-an unit, umumnya didapat dari dua model, yakni Satria F150 dan Address, didukung Burgman dan beberapa moge.

Lalu, model lain apa kabar? Bukankah masih ada bebek dan Skutik entry level? Setelah ditelusuri, ternyata SIS sudah stop mendistribusikan Nex 110, New Smash, Hayate, Inazuma, dan Young Star, per April 2016. Bahkan bebek Shooter sudah tak lagi dijual per Februari lalu.

Artinya, saat ini SIS hanya hidup dengan model yang sangat sedikit. Satria F150 masih menjadi nafas tersisa, sementara model lain sudah pasti tinggal menghabiskan stok sampai akhir tahun.

GSX-R150 yang baru saja diluncurkan dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) belum lama ini di Jakarta, bisa jadi penyelamat di penghujung tahun.

Tapi, bagaimana bila tak juga bisa menjadi penyelamat Suzuki? (*)

Editor: Aji Bramastra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help