Tips

Tips Menghemat Kuota Data saat Tonton Video di Media Sosial, Cobalah

Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data.

Tips Menghemat Kuota Data saat Tonton Video di Media Sosial, Cobalah
Facebook
ilustrasi video. 

SURYAMALANG.COM - Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. Namun, pemutaran video mengonsumsi data internet paling besar dibandingkan konten lain seperti teks dan foto.

Apalagi layanan media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Twitter, memutar video secara otomatis alias autoplay ketika pengguna membuka aplikasi.

Padahal tak semua video yang dibagi teman menarik untuk ditonton. Mekanisme ini bisa dibilang tak efisien. Nah, Anda sejatinya bisa menyetel pengaturan pada aplikasi media sosial agar menyetop mekanisme autoplay.

Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data. Facebook, Instagram, dan Twitter, punya pengaturan berbeda-beda untuk menyetop autoplay, sebagai berikut.

1. Facebook

Untuk pengguna iPhone, cara menyetop autoplay cukup dengan menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook.

Selanjutnya pilih ‘Settings’ lalu ‘Account Settings’. Gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan pilihan ‘Videos and Photos’. Temukan opsi ‘Autoplay’ dan klik ‘Never Autoplay Videos’.

Sementara itu, untuk pengguna Android, cara mengubah setelah autoplay lebih simpel. Pengguna cukup menekan ikon burger di sisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook.

Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan opsi ‘Autoplay’ dan pilih ‘Never Autoplay Videos’.

2. Instagram

Halaman
12
Editor: Zainuddin
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help