SuryaMalang/
Home »

Batu

Release

Begini Cara Eddy Rumpoko Membangun dan Mensejahterakan Petani di Kota Batu

Eddy Rumpoko: Tujuan dibangunnya Kantor Balai Kota Among Tani agar Kota Batu menjadi tempat workshop seluruh pertanian di Indonesia.

Begini Cara Eddy Rumpoko Membangun dan Mensejahterakan Petani di Kota Batu
ist
Wali Kota Batu Eddy Rumpoko meletakkan batu pertama pembangunan kandang integritas tanpa limbah berbasis dinamika nutrient dengan bio reactor kapal selam, di Kantor Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (25/1/2017) 

SURYAMALANG.com | BATU - Wali Kota Batu Bapak Eddy Rumpoko meletakkan batu pertama pembangunan kandang integritas tanpa limbah berbasis dinamika nutrient dengan bio reactor kapal selam, di Kantor Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (25/1/2017).

Di mana yang dibangun adalah kandang kelinci. Kotoran kelinci yang tidak berbau dimanfaatkan sebagai pupuk organic dan pakan ikan. Kandang kelinci tersebut rencananya akan dibangun dibelakang Kantor Wali Kota Batu dan di kebun apel Kota Batu.

Acara peletakan batu pertama itu dihadiri oleh masyarakat yang tertarik dengan organic, Masyarakat Peternak Kelinci Indonesia (Makindo) se Jawa Timur, Dirjen Menteri Pertanian, Dirjen Menteri Pariwisata, Dirjen Menteri UMKM, Dirjen Menteri Peternakan dan Komisi IV DPR RI.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan peresmian pengelola kepengurusan Makindo, workshop dan kontes kelinci. Sambutan pertama pada peresmian pengelola kepengurusan Makindo dilakukan oleh Ketua Makindo Jawa Timur, Muhammad Sobri. Dia mengungkapkan, senang dan terharu karena akan dibangun perkandangan kelinci di area perkantoran dan ini yang pertama kali dilakukan di Indonesia, yaitu di Kota Batu. Pak Walikota juga harus diberikan peran intim di Makindo.

Sementara dalam sambutan yang kedua, Wali Kota Batu Bapak Eddy Rumpoko mengatakan, untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat petani di Kota Batu serta seluruh Indonesia, masyarakat harus ikut andil dalam pembangunan pertanian dan peternakan. Kota Batu dijadikan model dalam bisnis demokrasi dan bagaimana konsep-konsep tersebut menjadi model bagi daerah-daerah lain.

Eddy menambahkan, para awak media juga bisa membantu memberitakan kegiatan tersebut, karena acara itu sangat bagus. Tujuan dari kegiatan ini, lanjutnya, adalah untuk memajukan, mensejahterakan serta memakmurkan seluruh petani yang ada di dalam dan di luar Kota Batu.

Kegiatan tersebut, tambah Eddy, diharapkan mampu membangkitkan semangat seluruh petani-petani Indonesia serta pengembangan-pengembangan di sektor pertanian.

Selain itu, Eddy mengungkapkan, dibangunnya Kantor Balai Kota Among Tani tersebut murni menggunakan APBD Kota Batu. Tujuannya, agar Kota Batu menjadi tempat workshop seluruh pertanian di Indonesia.

“Anda tidak boleh kalah dengan negara-negara maju lainnya,” tegas Eddy.

Kantor Balai Among Tani siap membangun sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing, siap mengayomi seluruh petani yang ada di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Suasana balai kota tidak hanya sebagai birokrat, namun masyarakat tahu dan ikut terlibat dalam birokrasi pembangunan, sehingga tidak ada lagi jarak pembatas antara pemerintahan dan masyarakat.

"Kota Batu harus menjadi motivator, khususnya dalam pengembangan di bidang pertanian dan peternakan di negara kita,” tutup Eddy. (*)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help