SuryaMalang/
Home »

Techno

» Apps

Malang Raya

Wisatawan Yang Ingin Nikmati Wisata Halal di Kota Malang Bisa Pakai Aplikasi Ini

Tekad menyelesaikan aplikasi ini tahun ini karena ada kesibukan mengajar. Jadi, pengisian konten yang cukup banyak kadang ada kendala.

Wisatawan Yang Ingin Nikmati Wisata Halal di Kota Malang Bisa Pakai Aplikasi Ini
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Dr Sucipto menunjukkan aplikasi halal tracking, Minggu (5/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Pembuat aplikasi halal tracker, Dr Sucipto sedang melengkapi data dalam aplikasi tersebut. Jadi,  wisatawan bisa mendapat informasi tempat wisata, kuliner, dan sebagainya yang halal dari aplikasi karya dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) tersebut.

“Insyaallah tahun ini selesai,” jelas Dr Sucipto kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (5/2/2017).

Perbaikan ini dilakukan agar tampilannya semakin menarik. Aplikasi itu dibuat oleh empat dosen UB, yaitu dua orang dari FTP, dan dua orang dari Filkom.

Selain Sucipto, ada Mas’ud Effendi, Ario Pinandito, dan Herman Tole. Pembuatan aplikasi ini berawal dari penelitian unggulan perguruan tinggi. Kemudian para peneliti ini mengembangkan lagi agar bisa dinikmati masyarakat secara meluas.

Jika seluruh datanya sudah siap, wisatawan atau masyarakat bisa mengakses aplikasi tersebut.

“Kami ingin bisa masuk play store,” imbuhnya.

Karena itu, aplikasi ini bermain di data base. Saat ini masih ada dua konten, yaitu restoran dan masjid. Namun nanti ingin dikembangkan kontennya untuk tempat wisata, pusat oleh-oleh, dan tempat penginapan.

Tekad menyelesaikan aplikasi ini tahun ini karena ada kesibukan mengajar. Jadi, pengisian konten yang cukup banyak kadang ada kendala. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan MUI. Sebab data base halal ada di LPOM MUI.

Dia mencontohkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Nantinya, UKM yang bersertifikat halal bisa dipromosikan di aplikasinya. Tujuannya untuk mendorong UKM bersertifikasi halal. Selain itu juga dilengkapi dengan peta menuju lokasi konten di aplikasi ini.

“Saya akan melengkapi data-data untuk Malang Raya dulu. Baru nanti ke kota lain,” terangnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help