Home »

Techno

» Apps

Gadget

Banyak Fitur Menarik, Kapan YouTube Live di Smartphone untuk Umum?

Bukan hanya sekedar bisa live, pengguna yang melakukan siaran langsung ini bisa mendapatkan beberapa fitur menarik.

Banyak Fitur Menarik, Kapan YouTube Live di Smartphone untuk Umum?
YouTube Creator
youTube Live 

SURYAMALANG.COM - Mulai hari ini, Selasa (7/2/2017)  pengguna YouTube tertentu yang sudah diberi akses bisa siaran langsung di layanan tersebut melalui perangkat smartphone. pengguna YouTube dengan jumlah subscriber tertentu bisa langsung menjajal fitur tersebut.

Bukan hanya sekedar bisa live, pengguna yang melakukan siaran langsung ini bisa mendapatkan beberapa fitur menarik, seperti bisa melakukan percakapan atau chat dengan penonton.

"Fitur ini membuat kreator YouTube untuk berinteraksi langsung dengan penggemar," kata Parinya Sinkuakul, Partner Solutions Manager YouTube (Thailand, Indonesia, dan Malaysia), kepada sejumlah wartawan lewat konferensi video, Selasa (7/2/2017).

tampilan YouTube Live
tampilan YouTube Live (kompas.com)

Pengguna juga bisa melihat analytics, seperti jumlah penonton atau like, secara langsung. Analytics ini nantinya bisa juga dilihat setelah tayangan live selesai. Yang paling penting, pengguna juga bisa me-monetize tayangan live video semacam ini.

"Pengguna bisa menaruh iklan sebelum siaran langsung, dan juga di tengah-tengah siaran," kata Sinkuakul. 

Setelah siaran langsung ini, video nantinya akan secara otomatis tersimpan di channel pengguna. Pengguna juga bisa langsung menghapus video tersebut jika menginginkan tindakan itu.

Lebih lanjut, Sinkuakul menjelaskan, sistem siaran langsung ini punya algoritma pengaturan kualitas gambar. Sistem ini bisa beradaptasi sesuai perangkat penonton.

Cara kerjanya kira-kira seperti ini. Katakanlah, pengguna siaran dengan kualitas video 720p. Kemudian, sistem YouTube akan transcode siaran tersebut supaya pas di perangkat mobile. Setelah itu, hasil transcode tersebut akan diatur lagi supaya sesuai dengan kecepatan internet dan kualitas layar smartphone penonton.

Jadi, jika kualitas internet di sisi penonton sedang rendah, maka video yang ditonton pun akan menurun kualitasnya. Jika sudah terhubung dengan koneksi internet yang lebih baik, kualitas video bisa kembali ke HD.

Kapan Bisa Digunakan Semua Pengguna?

Halaman
12
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help