SuryaMalang/

Travelling

Muh Sareh, Merantau dari Yogyakarta ke Malang Demi Pasarkan Mainan Tradisional Ini . . .

Saat itu ia berhenti di dekat Pasar Splendid. Ia berteduh, separuh mainannya yang ia panggul ia tutupi dengan plastik besar agar tak basah oleh hujan

Muh Sareh, Merantau dari Yogyakarta ke Malang Demi Pasarkan Mainan Tradisional Ini . . .
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Muh Sareh menjual mainan khas Yogyakarta di Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Hujan di kala senja yang melanda Kota Malang pada Minggu (12/2/2017) sekitar pukul 17.00, tak membuat Muh Sareh menyerah. Wajah lelahnya menunjukkan ia sudah keliling untuk menjual mainan asal Yogyakarta, tempat asalnya.

Saat itu ia berhenti di dekat Pasar Splendid. Ia berteduh, separuh mainannya yang ia panggul ia tutupi dengan plastik besar agar tak basah oleh bulir hujan.

Ia di Kota Malang sudah lima hari. Sareh memilih menjual mainan yang terdiri dari gasing, peluit, kletekan, seruling, terbuat dari bambu di Kota Malang karena ingin mengenalkan mainan asal Yogyakarta ini di luar daerahnya.

"Kalau jualan di sana (Jogja) ya sama saja. Banyak pesaingnya malahan. Jadinya di Malang saya coba jual," kata dia yang sekaligus perajin mainan ini.

Selain di Malang, ia juga pernah ke Kalimantan untuk menjual mainan ini. Dikatakannya, yang membeli mainannya ini kebanyakan anak-anak dan orang dewasa.

"Kadang ada yang kasihan terus beli banyak. Ada juga yang beli untuk anaknya," imbuh pria yang saat itu memakai kaos biru bertuliskan Borobudur.

Ia yang tinggal di Desa Mandesan, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini membawa sekitar 100 maianan. Di Kota Malang, ia kadang tidur di stasiun dan pom bensin. Karena tak ada sanak saudara di Malang.

"Dua hari lagi saya pulang ke Yogyakarta. Kalau mau ke Malang mungkin beberapa bulan. Ya sehari kadang laku dua puluh mainan," kata dia.

Harga yang dibanderol untuk mainannya sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help