SuryaMalang/
Home »

Batu

Pilkada Kota Batu

Hitung Cepat Suara Sementara KPU Mantapkan Kemenangan Dewanti - Punjul

Rochani mengatakan, hitung cepat KPU tersebut merupakan data hasil penghitungan sementara yang ada dalam formulir model C1

Hitung Cepat Suara Sementara KPU Mantapkan Kemenangan Dewanti - Punjul
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Dewanti Rumpoko memberikan hak pilihnya di TPS 22, Kota Batu, Rabu (15/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Hasil Penghitungan cepat sementara Pilkada Kota Batu Komisi Pemilihan Umum (KPU) memantapkan kemenangan Paslon nomor dua Dewanti Rumpoko - Punjul Santoso. Di mana dalam hitung cepat berdasar perolehan suara form C1 disebutkan Paslon nomor satu memperoleh 24.288 suara (20,82 %), Paslon nomor dua memperoleh 51.748 suara (44,46 %), Paslon nomor tiga memperoleh 20.507 suara (17,62 %), dan Paslon nomor empat memperoleh 19.897 suara (17,10 %).

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan, hitung cepat KPU tersebut merupakan data hasil penghitungan sementara yang ada dalam formulir model C1. Dan data tersebut sudah 100 persen dari 240 TPS dalam Pilkada serentak Kota Batu.

"Namun sesuai aturan, hasil perolehan suara resmi dalam Pilkada Kota Batu akan ditetapkan sesuai hasil rekapitulasi yang akan dilaksanakan KPU pada tanggal 22 - 24 Februari 2017 nanti," kata Rochani, Kamis (16/2/2017).Dijelaskan Rochani, adanya hasil hitung cepat pemungutan suara dilakukan KPU sebagai wujud.

Transparansi dan memenuhi keinginan publik terkait hasil Pemilu yang cepat, akurat. Makanya, KPU sebagai penyelenggara langsung melakukan publikasi hasil pemungutan sementara berdasar formulir model C1 yang dikirim melalui scan secara realtime dan cepat.

"Untuk itulah, hasil Pilkada Kota Batu sudah bisa diketahui mulai kemarin setelah penghitungan suara di TPS selesai hingga malam hari setelah 100 persen hasil pemungutan diterima KPU," ucap Rochani.

Masyarakat sendiri, dikatakan Rochani, sejak kemarin sudah bisa melihat hasil penghitungan cepat hasil sementara pemungutan suara Pilkada Kota Batu melalui website: https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil. Melalui alamat website tersebut siapapun bisa mengikuti perkembangan perolehan suara dalam Pilkada.

Publikasi hasil sementara pemungutan suara Pilkada serentak tersebut baru dilakukan KPU tahun 2017 ini. Dengan demikian hasil hitung cepat perolehan suara tersebut bisa diikuti langsung masyarakat. Hal itu untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan hasil hitung cepat dalam Pilkada yang dilakukan oleh pihak lain untuk kepentingan yang tidak diinginkan.

"Maka dari itu, kami berharap masyarakat Kota Batu bisa mendapatkan informasi hasil pemungutan suara sementara dengan benar yang dipublikasikan KPU," tutur Rochani.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help