SuryaMalang/
Home »

Bisnis

» Mikro

Inspirasi

Ini Langkah Bisnis Strategis Elita Sari Anggraini dan Ondomohen Pack

Tak hanya rebranding untuk mengembangkan usaha kecilnya, Elita juga merambah ke dunia online agar bisa terjangkau bagi siapapun dan di manapun.

Ini Langkah Bisnis Strategis Elita Sari Anggraini dan Ondomohen Pack
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah

Rebranding dan Merambah Dunia Online

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Perjuangan Elita Sari Anggraini, pemilik usaha Ondomohen Pack terus berlanjut meskipun mulai banyak dikenal dan mendapat penghargaan.

Setelah meraih juara 3 Pahlawan Ekonomi Surabaya 2015, Ondomohen Pack mendapatkan fasilitas dari Pemerintah Kota Surabaya untuk branding bersama desainer tata rupa yang telah dipilih khusus oleh Pemkot Surabaya.

Ondomohen Pack melewati proses rebranding dan pengupasan bersama desainer tata rupa tersebut selama tiga hari penuh hingga mendapatkan desain baru dengan tema warna display oranye dan hitam yang cerah dan menggambarkan anak muda.

“Desainernya memberi tema warna agar produk Ondomohen Pack lebih menarik dan bisa masuk ke pasar anak muda,” kata Elita Sari Anggraini, pemilik Ondomohen Pack.

Memang benar, diakui Elita, meski selama ini ia sudah membuat beragam bentuk dan ukuran kotak gift box namun tidak banyak orang yang sadar bahwa kotak tersebut terdiri dari beragam bentuk.

“Mungkin karena saya mendisplaynya dengan beragam warna. Ketika saya coba mengubah semua warna kotak display menjadi warna oranye dan hitam, orang-orang mulai memperhatikan jenis dan bentuk kotak yang berbeda-beda itu,” ceritanya.

Namun warna oranye dan hitam itu hanya untuk tema display, kotak buatan Elita tetap bisa dipesan dengan berbagai warna. “Ada total 150 warna dan motif yang saya sediakan,” ujar lulusan SMAN 2 Surabaya itu.

Tak hanya rebranding untuk mengembangkan usaha kecilnya, Elita juga merambah ke dunia online agar bisa terjangkau bagi siapapun dan di manapun.

Terbukti sejak memasuki dunia online pada 2015, pemasaran usahanya semakin bagus. Pesanan pun datang dari seluruh penjuru Indonesia, tak hanya Jawa dan Jakarta, tapi juga hingga Sulawesi.

“Kebanyakan pemesan rutin itu malah belum pernah bertemu langsung dengan saya, tapi karena pesanan dan pembayaran selalu lancar ya tidak masalah,” tuturnya.

Sempat juga, Elita terlena dengan banyaknya pesanan saat awal usahanya berdiri dulu. Karena tidak terlalu memperhatikan proses pemesanan, pembayaran, dan pengiriman, ia pun menjadi korban penipuan kecil.

“Sudah terlanjur senang dapat pembeli, saya tidak berpikir harus meminta DP dulu dan langsung saja saya setujui,” ceritanya. Semenjak itu, ia meminta DP pada para pemesan sebesar 50 persen dari total biaya untuk membeli bahan-bahan.

Kotak Ondomohen Pack sebagian besar dipesan sebagai kotak kemasan kain dan batik. Beberapa juga sebagai kotak kado atau gift box. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help