SuryaMalang/
Home »

Bisnis

» Mikro

Inspirasi

Tantangan Menembus Pasar Eropa, Mungkinkah Bagi Usaha Kecil Ini ?

“Pasar Eropa itu sangat sulit dimasuki. Tapi ketika sudah berhasil masuk, produk tersebut berarti sudah dipercaya dan memenuhi standar Eropa,"

Tantangan Menembus Pasar Eropa, Mungkinkah Bagi Usaha Kecil Ini ?
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kotak Insoirasi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Rumah produksi Ondomohen Pack memang telah terhitung selalu ada kegiatan produksi. Meski begitu, Elita Sari Anggraini, sebagai pemilik usaha tidak cepat berpuas diri.

Ia masih ingin terus mengembangkan usaha kecilnya itu menjadi lebih baik dan terus eksis di tengah naik turunnya kondisi ekonomi.

Elita ingin Ondomohen Pack memiliki pelanggan dan pemesan rutin yang tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri terutama Eropa.

“Pasar Eropa itu sangat sulit dimasuki. Tapi ketika sudah berhasil masuk, produk tersebut berarti sudah dipercaya dan memenuhi standar Eropa yang sangat tinggi. Otomatis, akan terus dipakai oleh pasar Eropa,” katanya.

Ia juga berusaha untuk tetap konsisten meski beberapa waktu usahanya tersebut sepi pemesan di musim-musim tertentu. Maka dari itu, Elita merasa sangat penting untuk melakukan pemasaran secara online.

“Inginnya ada satu karyawan yang khusus menangani online karena saya juga tidak terlalu paham cara kerjanya,” katanya lalu tersenyum.

Setidaknya, saat ini hasil usaha kecil Ondomohen Pack sudah bisa menghidupi keluarganya, yaitu ayah, paman, saudara, dan keponakannya.

“Bu Risma juga banyak memberi bekal pada kami untuk tidak terlena dengan uang hasil penjualan. Beliau berkata jangan terlalu banyak dihabiskan di bidang properti, tapi lebih baik investasi emas untuk jaga-jaga ketika keadaan ekonomi memburuk,” ceritanya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help