SuryaMalang/

Nasional

Kapal Pesiar Inggris Bikin Terumbu Karang di Raja Ampat Rusak Parah

berdasarkan data yang diterima Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) luas areal terumbu karang yang rusak mencapai 1.600 meter persegi

Kapal Pesiar Inggris Bikin Terumbu Karang di Raja Ampat Rusak Parah
www.indonesia.travel
Raja Ampat 

SURYAMALANG.COM - Masuknya kapal pesiar MV Caledonian Sky yang memiliki bobot 4.200 GT pada 3 Maret 2017 lalu, membuat beberapa terumbu karang yang ada di Raja Ampat di Papua rusak berat.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data yang diterima Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) luas areal terumbu karang yang rusak mencapai 1.600 meter persegi.

Dengan adanya peristiwa tersebut tim yang terdiri dari Kementerian koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan Kementerian Pariwisata, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Polri hingga Pemda mulai merapatkan barisan.

Namun, jika melihat awal kejadian hingga saat ini, sudah hampir dua pekan tim tersebut belum juga menentukan nilai kerugian yang harus ditanggung kapal berbendera Bahama, Inggris tersebut. 

Bahkan kapal pesiar MV Caledonian Sky saat ini sudah meninggalkan tanah air dan berlayar di perairan Filipina.

"Tim sedang menghitung secara detail nilai kerugian rusaknya terumbu karang, ini multiplier effectnya banyak, tidak bisa instan ini ada proses dan tahapan penghitungannya," ujar Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Brahmantya Satyamurti Poerwadi di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Menurut Brahmantya, tim yang menangani hal ini akan melakukan pertemuan atau rapat di kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman pada pukul 15.30 WIB untuk menentukan skema penegakan hukumnya.

"Sore (15/3/2017) kami rapat untuk menentukan penegakan hukumnya, di Menko Maritim," tutur Brahmantya.

Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help