Nasional

Mengenaskan, Balita di Madiun Ini Puluhan Kali Patah Tulang karena Penyakit Langka

"Baru dua jam setelah lahir, paha kirinya bengkak. Tidak jatuh kok bengkak, setelah dirontgen, ternyata tulangnya patah,"

Mengenaskan, Balita di Madiun Ini Puluhan Kali Patah Tulang karena Penyakit Langka
SURYAMALANG.COM/Rahadian Bagus
Fitri dan suaminya Nuryadi, serta anaknya Farida. 

SURYAMALANG.COM, MADIUN - Usia Firda Dwi Rahmawati genap tiga tahun pada 23 Juni mendatang. Namun, balita yang akrab disapa Firda ini belum bisa berjalan.

Anak kedua pasangan Nuryadi (37) dan Fitri Rukayah (36) belum bisa berdiri. Oleh dokter, balita mungil ini divonis terkena penyakit langka Osteogenesis Imperfecta (OI).

"Dokter di Surabaya mengatakan, anak saya terkena Osteogenesis Imperfecta," kata Fitri, ibu kandung korban saat ditemui di rumahnya RT 36 RW 11, Dusun Balekambang, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Kebonn Sari, Kabupaten Madiun, Rabu (15/3/2017) siang.

Ia menuturkan dua jam setelah lahir, paha kiri anaknya mengalami bengkak. Setelah dilakukan pemeriksaan rontgen, diketahui tulang kaki kiri di bagian paha patah.

"Baru dua jam setelah lahir, paha kirinya bengkak. Tidak jatuh kok bengkak, setelah dirontgen, ternyata tulangnya patah," katanya.

Dikatakannya, sejak itu tulang kaki, tulang tangan, tulang pundak dan tulang iga putrinya terus mengalami patah tulang. Selama enam bulan setelah dilahirkan, ada 20 titik tulang putrinya yang mengalami patah tulang.

"Sejak usia nol hinggal enam bulan sudah 20 tulang yang mengalami patah," ujarnya.

Selama satu setengah tahun, Fitri mengaku terpaksa menidurkan anaknya di sebuah papan kayu berukuran panjang sekitar satu meter dan lebar setengah meter dilapisi kain sebagai alas tidur.

Ia sengaja memakai papan kayu sebagai alas tidur putrinya, karena khawatir tulang putrinya patah bila ditidurkan atau direbahkan di tempat yang empuk.

"Saya juga tidak berani menggendongnya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help