Home »

Batu

Malang Raya

Bocah TK Diterkam Harimau, Ini Teguran BKSDA Jatim untuk Jatim Park 2 Kota Batu

pasca kejadian siswi TK Kediri diterkam oleh anak Harimau Benggala, pihaknya memberikan enam teguran kepada Jatim Park 2

Bocah TK Diterkam Harimau, Ini Teguran BKSDA Jatim untuk Jatim Park 2 Kota Batu
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kepala BKSDA Jatim, Ayu Dewi Utari menunjukkan video saat dirinya bermain dengan anak harimau benggala di Jatim Park 2, yang menerkam siswi TK asal Kediri, Kamis (16/3/2017) 

SURYAMALANG.COM, BATU - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur menghentikan foto sesi dengan hewan liar di Jatim Park 2 Kota Batu.

Kepala BKSDA Jatim, Ayu Dewi Utari, mengatakan pasca kejadian siswi TK Kediri diterkam oleh anak Harimau Benggala pada Selasa (14/3/2017) malam di Jatim Park 2, pihaknya memberikan enam teguran kepada Jatim Park 2.

Ia menyebutkan enam teguran ini ialah melarang dan atau menghentikan sesi foto dengan anak Harimau Benggala, pihak Jatim Park harus mengevaluasi SOP peragaan saat berinteraksi dengan hewan, menambah jumlah personel ketika ingin melakukan foto sesi dengan anak Harimau Benggala.

Lalu mengubah jam sesi foto dan mencari jam yang lebih sepi pengunjungnya, menghentikan semua kegiatan foto sesi dengan hewan liar termasuk ular phyton, dan menambah rambu-rambu peringatan yang ditujukan oleh pengunjung.

BACA JUGA : Siswa TK Diterkam Harimau di Museum Satwa Jatim Park 2 Kota Batu

"Intinya kami memberikan teguran terhadap pihak Jatim Park 2. Untuk kasus yang menimpa adik Putri, ini kami serahkan kepada pihak kepolisian. Kami juga tetap malakukan evaluasi dari pihak internal," kata Ayu saat memantau lokasi kejadian di Jatim Park 2, Kamis (16/3/2017).

Ayu menambahkan seharusnya saat memindahkan atau mengeluarkan harimau dari kandangnya untuk berfoto harus ada jalan khusus dan dalam pengawasan  keeper. Jalur khusus ini, diperuntukkan agar hatimau ketika keluar dari kandangnya tidak terkejut melihat banyak orang.

"Ya satwa itu juga butuh ketenangan. Saya rasa (harimau) usia 6-7 bulan itu usia yang masih manja-manjanya ya. Dan masih ramah berinteraksi dengan manusia. Mungkin saat itu si harimau ini dalam keadaan terkejut. Makanya dia langsung meronta dan menerkam yang ada di dekatnya. Saya tadi main-main kok sama anak harimaunya dan dia terlihat masih suka main-main," imbuh Ayu.

BACA JUGA : Siswi TK Diterkam Harimau, Biaya Pengobatan Ditanggung Jatim Park 2 Kota Batu

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help