Home »

Batu

Malang Raya

Yakin ADD dan DD Cair, Kepala Desa di Kota Batu Kejar Ini

Untuk menyusun laporan pertanggungjawaban tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Ada beberapa berkas yang harus disiapkan.

Yakin ADD dan DD Cair, Kepala Desa di Kota Batu Kejar Ini
Tribunnews.com
ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sebanyak 19 desa di Kota Batu saat ini sedang membuat laporan terkait pertanggung jawaban dana di tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan agar Dana Desa'>Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bisa cair di tahun 2017.

Desa Junrejo jadi salah satu di antaranya yang menyatakan sudah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban. Hanya saja belum melaporkan ke pemerintah kota batu.

Kepala Desa Junrejo, Andi Faizal Hasan, mengatakan, perangkat desanya sudah tinggal melaporkan saja laporan terkait LPJ tahun sebelumnya. Pihaknya menyatakan, optimis akan cair ADD dan DD tahun 2017.

“Sudah selesai, tinggal melaporkan saja. Kalau sosialisasianya itu tidak mendadak seperti tahun kemarin mengenai DD, maka kami siap saja melaporkan penggunaan anggaran selama setahun. Karena kami sendiri dari seluruh perangkat desa masih belum mendapatkan sosialisasi secara menyeluruh soal ADD dan DD ini,” katanya kepada suryamalang.com, Jumat (17/3).

Faizal memaparkan , untuk menyusun laporan pertanggungjawaban tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Ada beberapa laporan yang harus disiapkan untuk membuat laporan pertanggungjawaban.

Ia mengatakan, setiap desa menerima ADD ini dalam jumlah yang berbeda berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk, dan tingkat kemiskinan.

Desa Junrejo berencana saat menyusun RAPBDes akan melibatkan semua lini masyarakat.

“Jadi nanti kami kumpulkan dalam satu ruangan lalu kami paparkan apa saja yang dibutuhkan, dan dana apa saja yang telah digunakan. Kami melibatkan pihak Karang taruna, PKK, Badan Permusyawaratan Desa, dan masih banyak lagi. Jadi semisal kartar itu butuh apa saja, nanti bisa dimasukkan ke dalam penggunaan anggaran,” paparnya.

Kepala Desa Mojorejo, Suwarno menyebut untuk penyelesaian laporan pertanggungjawaban sudah sekitar 70 persen. Tahun ini pihaknya dan kepala desa lainnya optimis kalau ADD dan DD bisa cair.

Menurutnya jika DD dan ADD cair, dana ini tak hanya digunakan sebagai pembangunan fisik, tetapi lebih ke pemberdayaan masyarakat.

“Kalau saat ini kan hanya fisik saja yang digunakan, nah kami nanti juga lebih ke pemberdayaan masyarakat. Biar setiap warga itu juga memiliki penghasilan. Kan Batu sebagai kota Wisata,” katanya saat dihubungi SURYAMALANG.COM.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help