Travel

Mengintip Brilliant Times Bookstore, Rumah Baca Skala Asia Tenggara di Taiwan

Hanya saja kunjungan itu tidak melulu ke tempat wisata saja. Ada satu tempat yang unik dalam jadwal kunjungan itu.

Mengintip Brilliant Times Bookstore, Rumah Baca Skala Asia Tenggara di Taiwan
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Novel karya Pramoedya Ananta Toer "Arok Dedes" ada di sebuah perpustaan dan toko buku, Brilliant Time Bookstore di Taipei, Taiwan. Tempat ini layak dikunjungi wisatawan maupun pelajar/mahasiswa yang studi banding atau menempuh studi di Taiwan. Tempat ini juga menjadi jujugan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin meminjam buku berbahasa Indonesia. Sebab perpustaan itu menyediakan sejumlah buku dalam berbagai bahasa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Philipina. Buku yang disediakan juga ada yang berbahasa Inggris dan Mandarin pastinya. 

SURYAMALANG.com - Perjalanan Surya ke Taiwan akhir Februari lalu atas undangan Kementerian Luar Negeri Taiwan, dalam rangka mempromosikan negara itu keluar negeri.

Surya mengunjungi beberapa tempat dan even wisata. Hanya saja kunjungan itu tidak melulu ke tempat wisata saja. Ada satu tempat yang unik dalam jadwal kunjungan itu.

Tempat ini cocok bagi anda penyuka wisata edukasi tetapi di luar tempat pendidikan formal di Taiwan.

Adalah Brilliant Time Bookstore, demikian nama tempat itu. Tempat yang dikelola oleh Chang Cheng ini berada di Jl Xing-Nan, New Taipei City.

Bagi anda wisatawan petualang, sebaiknya mencari dulu alamat lengkapnya di internet. Tetapi tempat ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum, baik taksi maupun bus dalam kota.

Meski bernama 'bookstore' alias toko buku, sang CEO Chang Cheng memilih menyebut tempatnya sebagai perpustakaan atau rumah baca.

"Dan kami mengkhususkan untuk buku-buku negara Asia Tenggara," ujar Chang.

Tak aneh Surya mendapati sejumlah buku berbahasa Indonesia di tempat Chang. Sebut saja novel karya Pramoedya Ananta Toer ada di rak buku, juga novel karya Tere Liye.

Buku berbahasa Thailand juga Philipina plus Vietnam juga bisa dicari di tempat itu.

Yang cukup unik pula dari tempat itu adalah cara meminjam bukunya.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help