Travelling

Dana Rp 50 Miliar Disiapkan untuk Bangun Jalur Pendakian Baru di Gunung Arjuno

"Kalau jalur dari Kota Batu nanti panjangnya sekitar 3,2 Kilometer. Dengan total jalur pendakian ini nanti 42 kilometer dari tiga daerah itu,"

Dana Rp 50 Miliar Disiapkan untuk Bangun Jalur Pendakian Baru di Gunung Arjuno
Arek Backpacker Surabaya for SURYAMALANG.COM
Para pendaki di Puncak Gunung Arjuno di ketinggian 3339 mdpl 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kabar bagus bagi para pendaki, bahwa akan ada jalur pendakian baru ke Gunung Arjuno. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Arief Assidiq.

Arief menyatakan dalam pembangunan jalan untuk jalur pendakian ini akan melibatkan tiga wilayah yakni Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

"Kalau jalur dari Kota Batu nanti panjangnya sekitar 3,2 Kilometer. Dengan total jalur pendakian ini nanti 42 kilometer dari tiga daerah itu," kata Arief, Minggu (19/3/2017).

Dari wilayah Kota Batu jalur yang akan dilalui yakni Desa Pandanrejo, Desa Bumiaji, dan Desa Giripurno. Daerah itu merupakan lahan milik warga dan tentunya Arief menyatakan akan ada pembebasan lahan.

"Jalur dari Kabupaten Malang dan Pasuruan ini sebelumnya sudah ada, hanya dari Kota Batu jalur anyar untuk pendakian. Jalurnya nanti sampai ke Karangploso, Singosari, Lawang,  hingga masuk ke wilayah Purwodadi, Purwosari, dan Sukorejo," papar Arief.

Dengan ruas jalan 20 meter, jalur ini juga akan dikembangkan sehingga bisa berfungsi menjadi jalan tembus Karanglo sampai Pasuruan.

Jalur itu nanti akan menggunakan lahan milik perhutani. Sampai saat ini masih dalam tahap proses pengerjaam awal.

Anggaran yang dibutuhkan setidaknya memakan biaya Rp 50 miliar menggunakan dana pemerintah pusat. Kontribusi dari Kota Batu tetap ada, seperti drainase dan pendukung jalan lainnya.

Dikutip dari Wikipedia, Gunung Arjuno (terkadang dieja Gunung Arjuna) adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur, Indonesia, dengan ketinggian 3.339 mdpl.

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help