Home »

Batu

Pilkada Kota Batu

Jalani Sidang Perdana Gugatan Pilkada di MK, KPU Kota Batu Tak Didampingi Pengacara, Ini Alasannya

KPU Kota Batu harus mempersiapkan susunan jawaban dan barang bukti untuk sidang yang akan digelar pada Rabu (22/3/2017).

Jalani Sidang Perdana Gugatan Pilkada di MK, KPU Kota Batu Tak Didampingi Pengacara, Ini Alasannya
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu di Royal Orchid Garden Hotel pada bulan lalu. 

SURYAMALANG.COM, BATUKPU Kota Batu sudah menerima salinan gugatan yang diajukan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor 1 dari Makamah Konstitusi (MK).

KPU Kota Batu harus mempersiapkan susunan jawaban dan barang bukti untuk sidang yang akan digelar pada Rabu (22/3/2017).

Divisi Hukum KPU Kota Batu, Mardiono mengatakan KPU Kota Batu siap menjalani sidang.

“KPU harus menjawab gugatan itu. KPU sudah siap jawaban dan barang bukti,” kata Mardiono kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (19/3/2017).

Di antara barang bukti yang disiapkan adalah dokumen selama Pilkada Kota Batu 2017, dan surat keputusan KPU Kota Batu. Dokumen dan barang bukti itu diberikan dari Panwaslih beberapa hari lalu.

Mardiono menambahkan KPU Kota Batu tidak akan didampingi kuasa hukum.

“Kami optimis saja. Tetapi semua keputusan tetap pada hakim saat sidang. Kami hanya memberi jawaban sesuai dokumen beserta barang bukti,” imbuhnya.

Seperti diketahui, paslon Cawali dan Cawawali Kota Batu, Rudi-Sujono mengajukan gugatan ke MK. Gugatan itu terkait kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan paslon nomor dua dalam Pilkada Kota Batu.

Beberapa hal yang digugat adalah dana dari Pemkot Batu yang dikeluarkan menjelang Pilkada 2017, seperti santunan ibu hamil, insentif RT/RW, dugaan keterlibatan pejabat Pemkot dalam Pilkada yang menguntungkan pihak tertentu.

Tim Sukses pemenangan pasangan Rudi-Sujono, Ainun Rofiq menyatakan melalui gugatan ini, pihanya minta pembatalan Keputusan KPU Kota Batu tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara.

“Kami juga minta Pilkada Kota Batu 2017 diulang di seluruh TPS. Pilkada tahun ini penuh praktik curang dan pelanggaran yang dilakukan oleh paslon tertentu,” tandasnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help