SuryaMalang/

Malang Raya

Yuk Wisata Petik Apel di Kota Batu, Banyak Pilihannya Lho

Menurutnya, sekarang semakin banyak petani beralih membuka wisata petik apel. Akibatnya timbul persaingan antar petani apel.

Yuk Wisata Petik Apel di Kota Batu, Banyak Pilihannya Lho
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Wisatawan memanfaatkan liburan dengan berwisata di kebun petik apel di Kota Batu, Minggu (19/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Petani Apel di Kota Batu semakin bersaing. Hal ini berdampak pada hasil panen dan pendapatan petani.

Banyak petani yang menawarkan tiket wisata petik apel di Jalan Bukit Berbunga. Di antara tempat yang menggandeng para petani adalah Kelompok Tani Makmur Abadi Kota Batu.

Ada 70 hektar milik 50 anggota petani di Desa Tulungrejo dalam kelompok itu, di antaranya milik Pramono.

Menurutnya, sekarang semakin banyak petani beralih membuka wisata petik apel. Akibatnya timbul persaingan antar petani apel.

Pram mengaku mendapat masalah saat membuka kebun apel untuk wisatawan.Di antaranya semakin kekurangan lahan. Karena banyak wisatawan yang memanfaatkan liburan untuk wisata petik Apel, maka lahan yang disiapkan pun harus banyak.

“Iya kalau saat itu apel di kebun siap untuk dipetik. Kadang kalau sedang banyak pengunjung, itu yang kebingungan. Kan tidak mungkin memaksa wisatawan mengambil buah yang belum siap panen. Rasa apelnya juga pasti akan sepat dan tidak manis,” kata Pram kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (19/3/2017).

Pantauan SURYAMALANG.COM, banyak pengunjung yang berlibur di wisata petik apel. Ada beberapa apel yang belum siap petik di kebun tersebut.

Bila apel yang belum matang itu dipetik, rasanya sepat dan keras. Berbeda dengan apel yang sudah siap panen yang rasanya manis

Sementara itu, seprang pedagang apel, Andianto membuka usaha wisata petik apel setiap lima bulan sekali. Karena mengelola kebun apel secara mandiri, dia hanya membuka wisata petik apel saat panen.

“Saya sudah berjalan sekitar 4 tahun. Saya tidak bergabung dalam kelompok tani. Kalau mandiri, perawatannya bisa maksimal,” kata Andianto.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help