Malang Raya

Dipenjara Karena Selingkuh, Saat Bebas Lukito Aktif Lagi Jadi Anggota DPRD Kab Malang

"Masuk penjara kok izin? Ini sudah nyata-nyata tidak masuk kerja karena dipenjara, jangan dibilang izin," tandas Sutiono.

Dipenjara Karena Selingkuh, Saat Bebas Lukito Aktif Lagi Jadi Anggota DPRD Kab Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
FOTO ARSIP - Lukito Eko Purwandono (kanan) 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Anggota DPRD Kabupaten Malang, Lukito Eko Purwandono, ternyata sudah bebas dari penjara, usai menjalani lima bulan hukuman karena kasus perselingkuhan.

Seperti diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko kepada SURYAMALANG.COM, Lukito bebas pada Jumat (19/3/2017) kemarin. Lukito sudah kembali aktif sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang.

Bebasnya Lukito membuat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) geram. Sebab upaya mereka untuk melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) tidak pernah membuahkan hasil.

"Kasus perselingkuhan sebenarnya masuk dalam pelanggaran etika berat. Tapi anehnya sampai sekarang tidak ada tindakan dari Badan Kehormatan (BK)," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Malang, Sutiono, Senin (20/3/2017).

Sutiono mengungkapkan, sebenarnya sudah ada laporan resmi terkait pelanggaran etika kategori berat tersebut ke BK. Namun kasus tersebut seolah menguap tanpa tindakan.

Selain itu, Partai Nasdem juga sudah menyurati BK terkait absensi Lukito. Selama menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru, Lukito tidak ikut rapat paripurna selama enam kali. Menurut Undang-undang MPR, DPR, DPRD dan DPD, seorang anggota DPRD yang tidak ikut rapat paripurna sebanyak enam kali bisa di-PAW.

"Sebulan lalu kami sudah mengajukan PAW atas dasar absensi Lukito. Tapi sampai sekarang tidak ada jawaban," tegas Sutiono.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko menjelaskan, selama di dalam penjara Lukito tidak dianggap bolos. Karena ada izin sebelum masuk penjara. Namun hal ini justru dipertanyakan oleh Sutiono.

Sebab menurutnya, Lukito masuk penjara karena dieksekusi oleh pengadilan atas proses hukum yang dijalaninya. Karena itu Nasdem menilai aneh, ada izin untuk masuk penjara.

"Masuk penjara kok izin? Ini sudah nyata-nyata tidak masuk kerja karena dipenjara, jangan dibilang izin," tandas Sutiono.

Lukito diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri Kepanjen karena terbukti melakukan perzinahan dengan Itje Tresnawati. Pengadilan menjatuhkan hukuman lima bulan penjara kepada Lukito.

Lukito sempat melakukan banding dan kasasi ke Mahkamah Agung. Namun putusan MA menguatkan putusan PN Kepanjen. Lukito dieksekusi Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang pada 19 Oktober 2016, dan dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru.

Penulis: David Yohanes
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help