SuryaMalang/

Malang Raya

Motivator Ini Ungkap Pemicu Keberhasilan Produk Tiongkok Banjiri Pasar Internasional

Umi mencontohkan warga Tiongkok yang memiliki karakter gigih dan dapat mengembangkan industrinya ke seluruh dunia.

Motivator Ini Ungkap Pemicu Keberhasilan Produk Tiongkok Banjiri Pasar Internasional
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kuliah umum Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa oleh Dr Hj Umi Dayati MPd di UM, Senin (20/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Universitas Negeri Malang (UM) menekankan pembelajaran berbasis kehidupan kepada para mahasiswanya. Untuk mendukung hal tersebut, diadakan kuliah umum Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa oleh Dr Hj Umi Dayati MPd, Senin (20/3/2017).

Kuliah umum itu tidak hanya sekadar memberikan materi berupa teori. Umi juga memberi motivasi dan semangat kepada para mahasiswa agar menjadi mahasiswa berkarakter.

Dia menyampaikan karakter seseorang ditentukan beberapa faktor, diantaranya geografis, sosial, kultural, dan genetik.

“Tanamkanlah satu karakter positif yang ingin kalian miliki. Jangan terlalu muluk-muluk dan ingin memiliki banyak karakter baik. Fokus pada satu saja,” ujar Umi yang juga dosen UM seklaigus motivator tersebut.

Umi mencontohkan warga Tiongkok yang memiliki karakter gigih dan dapat mengembangkan industrinya ke seluruh dunia.

“Kita bisa melihat barang Made in Tiongkok karena mereka fokus pada satu tujuan, yaitu satu karakter sehingga mudah meraihnya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UM, Prof Dr Hariyono MPd mengatakan pembelajaran berbasis kehidupan mengajarkan keberhasilan mahasiswa bukan hanya dirasakan mahasiswa.

“Mahasiswa perlu memiliki disiplin bidang ilmu tertentu. Tetapi itu semua tidak akan berarti tanpa kemampuan sintesa,” jelas Hariyono.

Mahasiswa lebih baik tidak nyaman hanya dengan ilmu instrumental. Tetapi juga kompetensi lain, yaitu kemampuan mencipta dan kepekaan terhadap lingkungan sosial.

Menurutnya, belajar paling utama adalah bukan tentang memahami sesuatu, tapi belajar untuk belajar, berpikir kritis, dan terus mengembangkan pola pikir.

Hariyono berharap mahasiswa UM bisa menjadi agen penggerak perubahan yang baik setelah pembelajaran berbasis kehidupan itu.

“Orang sukses adalah orang yang tidak hanya mampu memanfaatkan intelektualitasnya, tapi juga memiliki karakter yang luar biasa,” tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help