Home »

Batu

Malang Raya

Rumah Sakit Tak Boleh Tarik Biaya bagi Korban Kecelakaan, Ini MoU nya

Kapolres Kota Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyatakan, pihak rumah sakit tidak boleh menarik biaya apapun dari korban laka lantas

Rumah Sakit Tak Boleh Tarik Biaya bagi Korban Kecelakaan, Ini MoU nya
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Penandatangan MOU Satlantas Polres Kota Batu dengan PT Jasa Raharja dan lima rumah sakit di Kota Batu, Senin (20/3). 

SURYAMALANG.COM, BATU - PT Jasa Raharja telah memberikan biaya santunan untuk korban kecelakaan di wilayah Kota Batu selama periode bulan Januari hingga Februari 2017 .

Santunan itu untuk lima rumah sakit di Kota Batu, yakni, Rumah Sakit Baptis, Rumah Sakir Umum Karsa Husada, RS dr Etty Asharto, RSUI Madinah Kasembon, dan RS Bhayangkara Hasta Brata.

Nominal santunan yang diberikan sebesar Rp 496 juta.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Jasa Rahaja Perwakilan Malang, Zul Effendi saat MOU Satlantas Polres Kota Batu dengan PT Jasa Raharja dan lima rumah sakit di Kota Batu, Senin (20/3/2017).

Zul mengatakan biaya santunan itu berupa biaya perawatan dan biaya kematian.

Dari jumlah itu, yang sudah dibayarkan sebesar Rp 319 juta.

Bantuan itu diberikan kepada korban kecelakaan asal ada laporan dari kepolisian Polres Batu.

"Kalau ada yang menjadi peserta BPJS Kesehatan tetap mendapatkan bantuan dari Jasa Rahaja, lalu nanti setelah diproses diarahkan ke BPJS Kesehatan. Jadi sisa biaya ditanggung oleh jaminan yang dimiliki," kata Zul.

Ia mengharuskan formulir kecelakaan dari Jasa Rahaja harus ada di setiap UGD Rumah Sakit di Kota Batu.

Pihaknya memastikan, jika ada korban kecelakaan di wilayah Kota Batu dan ada laporan dari kepolisian Kota Batu, maka pihak rumah sakit tidak boleh ada tarikan biaya apapun dan korban tidak boleh membayar ke pihak rumah sakit.

Sementara itu, Kapolres Kota Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyatakan hal yang sama. Bahwa pihak rumah sakit tidak boleh menarik biaya apapun dari korban laka lantas.

"Saya berani yakin, apalagi ini sudah ada MOU dari pihak polres, rumah sakit, dan Jasa Rahaja. Kami pantau hal ini," kata Leo. (*)

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help