SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Terkikis, Perbaikan Jembatan Sungai Brantas di Kota Batu Masih 60 Persen

Saat SURYAMALANG.COM mendatangi jembatan itu, penguatan kaki kedua jembatan masih belum sempurna. Padahal jembatan itu merupakan penghubung ke Selecta

Terkikis, Perbaikan Jembatan Sungai Brantas di Kota Batu Masih 60 Persen
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Jembatan Sungai Brantas, pembatas Kecamatan Batu dan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (20/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Jembatan Sungai Brantas yang menjadi pembatas Kecamatan Batu dan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, hingga saat ini perbaikannya masih berjalan 60 persen.

Saat SURYAMALANG.COM mendatangi jembatan itu, penguatan kaki kedua jembatan masih belum sempurna. Padahal jembatan itu merupakan penghubung ke lokasi wisata Selecta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Arief Assidiq, mengatakan pada kaki jembatan itu nanti akan diperkuat dengan pembuatan DUM sepanjang 40 meter. Fungsinya sebagai penangkis air sungai.

“Jadi DUM itu fungsinya nanti untuk menangkis air sungai agar tidak mempengaruhi material bangunan untuk kaki jembatan tidak ikut terbawa arus,” kata Arief kepada SURYAMALANG.COM, Senin (20/3/2017).

Tapi, lanjutnya, DUM belum dibangun untuk jembatan itu, masih proses. Ia menambhakan, pada kedua kaki jembatan itu nanti akan dibangun dengan beton.

Sehingga kaki jembatan kuat untuk menopang dan dilalui arus air sungai ketika air meluap. Konstruksi pembetulan jembatan itu, akan memakan waktu yang lama. Sekitar satu bulan lebih.

“Itu masih sekitar 60 persen lah. Masih lama, sekitar satu bulan. Makanya kaki jembatan itu dibuat DUM agar tidak terkikis kembali ketika ada material seperti tanah atau batu yang terbawa arus air dan melewati jembatan itu,” papar Arief.

Selain itu, masih ada aktivitas penambang yang menambang pasir di sekitar area bawah jembatan. Pihak pemkot Batu juga sudah memperingatkan kepada penambang agar tidak menambang ketika ada aktivitas pembetulan jembatan itu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help