SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Ternyata Begini Cara Komplotan Penipu Ini Dapat Data Wali Murid SDK Sang Timur

Pada awal bulan Februari 2017 mengirimkan email ke SDK Sang Timur dengan meminta data nomor wali murid

Ternyata Begini Cara Komplotan Penipu Ini Dapat Data Wali Murid SDK Sang Timur
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Lima pelaku penipuan melalui teror telefon di SDK Sang Timur yang ditangkap jajaran Polres Kota Batu 

Jamal, Otak Pelaku Teror Telepon Menyamar Jadi Pihak Dinas

SURYAMALANG.COM, BATU - Dari lima tersangka yang ditangkap oleh Polres Kota Batu, ternyata otak pelaku ialah tersangka bernama Jamal. Kapolres Kota Batu, AKBP Leonardus Simarmata menceritakan bagaimana mereka bisa mendapat data nomor telepon wali murid.

"Awalnya kami menangkap empat orang. Ternyata empat orang ini hanya sebagai operator. Kami kembangkan, dan berhasil menangkap Jamal sebagai penyuplai data," imbuh Leo saat gelar perkara di Polres Kota Batu, Senin (20/3/2017).

Jamal, pada awal bulan Februari 2017 mengirimkan email ke SDK Sang Timur dengan meminta data nomor wali murid. Jamal menggunakan email dengan nama akun palsu Dinas Pendidikan Kota Batu. Yakni info.dispendikkotabatu@gmail. com.

Pada kiriman pertama tidak ada respon dari SDK Sang Timur. Baru kedua kalinya setelah meminta lagi, dibalas oleh SDK Sang Timur dengan mengirim data nomor telepon wali murid.

Dari situlah, Jamal langsung memberikan nomor wali murid ke anak buahnya yang sebagai operator dan menjalani peran masing-masing.

Kelima pelaku ini merupakan warga Jakarta. Target mereka ini se Indonesia. Adapun barang bukti yang diamankan, seperti kartu telepon dari berbagai jaringan, handphone, data wali murid, buku tabungan, ATM, laptop, stempel dinas, dan dokunem lainnya.

Mereka menargetkan setiap korban ditarik sejumlah uang sekitar Rp 3-7 juta.

"Untuk para operator, mereka mendapatkan komisi 20 persen dari hasil ketika mereka berhasil mendapatkan korban," pungkas Leo

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help