SuryaMalang/

Malang Raya

Unisma Punya Cara Ini untuk Percepatan Kerja Lulusannya

Dari total 2.500 lulusan Unisma pertahunnya, 15-20 persennya melanjutkan karir sebagai wirausaha. 80 persen lainnya menjadi karyawan.

Unisma Punya Cara Ini untuk Percepatan Kerja Lulusannya
SURYA/NENENG USWATUN HASANAH
Sosialisasi tim pakar pusat karir Direktorat Kemahasiswaan, Dirjen Belmawa, Kemenristekdikti mengenai bantuan layanan pusat karir untuk perguruan tinggi di Jatim, Senin (20/3/2017) bertempat di Universitas Islam Malang (Unisma). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dalam sosialisasi bantuan pusat karir dari Kemenristekdikti, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof Dr H Masykuri Bakri MSi mengatakan pusat karir telah menjadi program Unisma untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan soft skill.

"Soft skill akan menciptakan daya saing lulusan," ujarnya pada SURYAMALANG.COM, Senin (20/3/2017). Setiap perguruan tinggi memiliki strategi berbeda-beda dalam mengembangkan pusat karir. Temporal, berkelanjutan, atau bidang entrepreneur.

Masykuri menuturkan soft skill tidak bisa diukur dan mendukung bidang mu yang dipelajari secara formal oleh mahasiswa. "Soft skill yang dibekalkan pada mahasiswa menjadi salah satu faktor masa tunggu lulusan Unisma hanya berkisar tiga bulan," katanya.

Mahasiswa juga dibekali dengan ilmu entrepreneur yang diiringi dengan cerita sukses para wirausahawan. Bahkan sebelum lulus mereka sudah mengembangkan usaha.

Dari total 2.500 lulusan Unisma pertahunnya, 15-20 persennya melanjutkan karir sebagai wirausaha. 80 persen lainnya menjadi karyawan, namun memang tidak semuanya linear dengan bidang studi mereka.

"Meskipun tidak linear dengan bidang studi mereka, namun mereka tetap bisa berkembang dan sukses karena bekal soft skill sehingga tidak hanya terpaku pada intelektualitas lulusan," terangnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help