Malang Raya

Duh, 97 Koperasi di Kabupaten Malang Sudah Tidak Aktif

Dari jumlah tersebut, 67 koperasi sudah mendapat peringatan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Duh, 97 Koperasi di Kabupaten Malang Sudah Tidak Aktif
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
KUD Dau di Jalan Sido Makmur 26, Dau, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, DAU - Nasib Koperasi Unit Desa (KUD) Dau di ujung tanduk. KUD Dau telah menutup beberapa unit usahanya, dan menunggak gaji karyawannya.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kabupaten Malang berupaya menghidupkan kembali 97 koperasi yang tidak aktif. Dari jumlah tersebut, 67 koperasi sudah mendapat peringatan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala DKUM Kabupaten Malang, Made Dewi Anggraeni mengungkapkan surat peringatan tersebut diterima pada akhir Februari 2017. Pihaknya diberi waktu enam bulan untuk mengaktifkan kembali koperasi tersebut. Jika tidak bisa aktif lagi, koperasi tersebut akan ditutup.

“Kami berupaya tidak ada satu pun koperasi yang ditutup. Kami berupaya membangkitkan semua koperasi yang tidak aktif,” ujar Made kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (17/3/2017).

Made sudah berdialog dengan pengurus semua koperasi yang mendapat peringatan. Sekitar 20 persen di antaranya menyatakan siap untuk aktif kembali. Pihaknya juga aktif mendampingi agar semua koperasi tersebut bisa kembali eksis.

“Kami mencanangkan gerakan revitalisasi koperasi. Sayang kalau ada koperasi yang ditutup,” tegas Made.

DKUM menggandeng dinas lain untuk bisa mendapat data kelompok masyarakat yang bisa dilebur dalam koperasi. Namun, pihaknya kekurangan tenaga pendamping koperasi. Saat ini Pemkab Malang hanya memiliki sembilan pendamping koperasi.

Kementerian Koperasi dan UKM baru saja menambah lima pendamping. Jadi, ada 14 orang pendamping koperasi di Kabupaten Malang.

Menurut Made, kekurangan pendamping itu termasuk menjadi penyebab banyak koperasi yang tidak aktif. Pihaknya berupaya mendampingi secara intensif, meskipun personil masih minim.

Penulis: David Yohanes
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help