Malang Raya

Dulu, KUD Dau Pernah Raih Penghargaan Sebagai Koperasi Terbaik, Tapi Sekarang . . .

Dia juga menjadi perwakilan karyawan lainnya yang berupaya minta tanggung jawab manajemen terkait kondisi KUD Dau sekarang.

Dulu, KUD Dau Pernah Raih Penghargaan Sebagai Koperasi Terbaik, Tapi Sekarang . . .
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
KUD Dau di Jalan Sido Makmur 26, Dau, Kabupaten Malang, Jumat (17/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, DAU – KUD Dau pernah berjaya pada pertengahan tahun 1990-an. KUD yang terletak di Jalan Sido Makmur 26, Mulyo Agung, Dau, Kabupaten Malang ini dua kali mendapat penghargaan nasional sebagai koperasi terbaik.

Namun kini, kondisi KUD Dau berbeda. Bahkan, manajemen telah menutup beberapa unit usaha.

Pantauan SURYAMALANG.COM, tidak terlihat banyak aktivitas di KUD tersebut. Hanya ada unit toko yang buka dan melayani pembeli.

Sedangkan unit susu perah tidak ada aktivitas. Truk yang biasa mengangkut susu terparkir.

Ada sebuah rumah di belakang komplek KUD. Ada seorang karyawan bernama Wahyu Kembar (59)  di rumah tersebut.

Wahyu adalah karyawan KUD Dau di unit susu. Dia juga menjadi perwakilan karyawan lainnya yang berupaya minta tanggung jawab manajemen terkait kondisi KUD Dau sekarang.

Dia dan beberapa karyawan lain tidak menerima gaji selama 10 bulan. Para karyawan juga tidak mendapat kejelasan terkait hak-haknya, seperti asuransi dan jaminan hari tua.

“Sekarang saya bertahan hidup dengan bantuan anak-anak saya,” kata bapak tiga anak ini kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (21/3/2017).

Perlu diketahui, gaji karyawan KUD Dau di bawah UMK Kab Malang. Karyawan hanya mendapat gaji antara Rp 600.000 sampai Rp 1,7 juta. Padahal UMK di Kabupaten Malang 2017 sebesar Rp 2,3 juta.

Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help