Malang Raya

Gawat, Produksi Padi di Kabupaten Malang Terancam Turun Gara-Gara Penyebab Ini . . .

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid mengungkapkan, serangan hama terjadi sejak awal 2017

Gawat, Produksi Padi di Kabupaten Malang Terancam Turun Gara-Gara Penyebab Ini . . .
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Aktivitas petani di Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Tanaman padi di 11 kecamatan di Kabupaten Malang mengalami serangan hama wereng dan tikus. Serangan ini dikhawatirkan mengganggu produksi padi di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid mengungkapkan, serangan hama terjadi sejak awal Januari 2017.

Wilayah yang diserang meliputi Kecamatan Ngantang, Kasembon, Tirtoyudo, Wonosari, Ngajum, Donomulyo, Pagelaran, Sumberpucung, Kromengan, Turen dan Dampit.

"Yang paling parah ada di Kecamatan Kasembon," terang Nasri, Selasa (21/3/2017).

Jika tidak teratasi, Nasri khawatir produksi padi turun antara 3,5 persen hingga 5 persen. Padahal selama ini Kabupaten Malang menjadi salah satu wilayah yang selalu surplus beras.

Tahun 2016 kemarin, luas tanaman padi mencapai 74.443 hektar. Sementara yang berhasil panen seluas 71.337 hektar.

Dari luas yang panen dihasilkan 508.138 ton gabah kering, atau produksi beras sebanyak 319.247 ton. Dari produksi tersebut ada surplus sebesar 86.082 ton beras.

"Tapi kita tetap optimis produksi beras bisa kita pertahankan. Bahkan jika mungkin akan kita tingkatkan," tegas Nasri.

Dalam upaya menjaga produksi beras Dinas TPHP intensif melakukan pembasmian hama. Selain itu, Nasri mencanangkan perluasan area tanam padi menjadi 95.924 hektar.

Pertambahan area tanam ini berkat sistem irigasi yang mampu mengubah lahan kering menjadi lahan teknis. Nasri berharap serangan hama bisa dikendalikan. Selain itu, target luas tanam yang dicanangkan bisa terwujud.

Jika semua tanpa kendala, maka produksi beras diprediksi meningkat 3 persen hingga 5 persen.

"Setiap masa peralihan musim memang selalu terjadi serangan hama yang luar biasa. Semoga semua bisa dikendalikan dengan baik," tandas Nasri.

Penulis: David Yohanes
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help