Malang Raya

Kementrian ATR/BPN Target Pemetaan 5 Juta Bidang Tanah Selesai Tahun Ini

Winduno mengaku butuh 102 tenaga surveyor jika ingin menyelesaikan pemetaan dan sertifikasi bidang selama empat bulan.

Kementrian ATR/BPN Target Pemetaan 5 Juta Bidang Tanah Selesai Tahun Ini
Tribunnews.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap pada 5 juta bidang tanah pada 2017 ini.

Direktur Survey dan Pemetaan Tematik Dirjen Ingrastruktur dan Keagrarian Kementrian ATR/BPN, Tri Wibisono mengatakan untuk memenuhi target tersebut, Kementerian butuh tenaga ukur dan survei kadastral sebanyak 2.300 orang.

“Kami membuka pemberian lisensi surveyor kadastral kepada lulusan S1 jurusan terkait survei dan pemetaan,” jelas Tri kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (21/3/2017).

Pemetaan dan sertifikasi 5 juta bidang tanah itu ditargetkan selesai pada Juni-Juli 2017.

“Surveyor kadastral berlisensi BPN akan mendatangi desa atau kelurahan yang belum dipetakan tanahnya sehingga bisa dipetakan geospasial keseluruhan secara kualitas dan kuantitas,” tambahnya.

Sementara itu, Perwakilan Kanwil BPN Jatim, Winduno mengaku butuh 102 tenaga surveyor jika ingin menyelesaikan pemetaan dan sertifikasi bidang selama empat bulan. Jika hanya ada 53 tenaga survei, pemetaan dan sertifikasi tersebut butuh waktu sekitar enam bulan.

“Ada 435 ribu bidang yang belum terdaftar di Jatim,” imbuhnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help