Malang Raya

Tema HUT Kota Malang ke-103 Adalah Harmoni Merekat Nilai Kebangsaan, Ini Rangkaian Acaranya

Kegiatan dimulai dengan rapat paripurna di gedung dewan dilanjutkan pengajian dan doa bersama. Puncak HUT diperingati dengan upacara.

Tema HUT Kota Malang ke-103 Adalah Harmoni Merekat Nilai Kebangsaan, Ini Rangkaian Acaranya
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Balai Kota Malang dipercantik sejumlah hiasan menjelang HUT Kota Malang Ke-103 yang jatuh pada 1 April 2017. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kota Malang akan berusia 103 tahun pada 1 April 2017. Tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-103 adalah Harmoni Merekat Nilai Kebangsaan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nurwidianto mengatakan tema itu diharapkan bisa menjadi jembatan dan tali perajut keberagaman di Kota Malang.

“Kota Malang ini miniatur Indonesia. Ada beragam suku dari berbagai daerah, juga agama, dan kepercayaan. Melalui tema ini, diharapkan Kota Malang mampu menjadi jembatan dan tali perajut keragaman,” ujar pria yang akrab disapa Wiwid ini kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (25/3/2017).

Rangkaian kegiatan HUT ke-103 Kota Malang akan dimulai pada 31 Maret 2017. Kegiatan dimulai dengan rapat paripurna di gedung DPRD Kota Malang dilanjutkan pengajian dan doa bersama. Puncak HUT diperingati dengan upacara.

“Ada juga fashion on the street, parade budaya, juga jalan sehat di setiap kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan jika Kota Malang merupakan kota multikultural.

“Beragam agama dan suku ada di Kota Malang. Kota Malang juga miniatur Indonesia. Kondisi kotanya mendukung untuk tumbuhnya multikultural secara damai,” ujar Sutiaji.

Keberadaan multikulturalisme dan agama  harus difasilitasi oleh negara, dalam hal ini Pemkot Malang. Kerukunan umat beragama mislanya, Pemkot Malang memfasilitasi dengan keberadaan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB).

“Negara juga harus hadir dalam memberikan jaminan hukum, kepastian hukum, dan kelangsungan hidup. Jadi urusan wajib yang harus diberikan negara tidak memandang siapapun. Tetapi untuk seluruh warga Kota Malang,” imbuhnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved