SuryaMalang/

Malang Raya

Mantap, Film Karya Mahasiswa dan Pelajar Semakin Beragam dan Berkualitas

Lukman Hakim mengatakan antusiasme sineas muda tahun ini semakin bertambah. Film yang masuk pun semakin beragam dan berkualitas.

Mantap, Film Karya Mahasiswa dan Pelajar Semakin Beragam dan Berkualitas
www.rabblerousetheworld.com
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Malang Film Festival (MAFI Fest) yang diadakan oleh UKM KINE KLUB UMM menjadi wadah pelajar dan mahasiswa untuk kompetisi film pendek dan dokumenter pendek.

Programmer MAFI Fest, Lukman Hakim mengatakan antusiasme sineas muda tahun ini semakin bertambah. Film yang masuk pun semakin beragam dan berkualitas.

“Hanya 276 film yang ikut kompetisi pada tahun lalu. Sedangkan tahun ini ada sebanyak 426 film. Filmmaker juga semakin memiliki standardisasi untuk memproduksi film,” kata Lukman kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (11/4/2017).

Seorang juri, Novi Hanabi juga mengakui hal itu.

“Sekarang anak muda semakin bisa menempatkan diri dan tahu cara membuat film pendek atau dokumenter,” kata Novi.

Penjurian juga berdasar pada keberhasilan film untuk menyampaikan pesan, penggunaan metode, pemilihan medium untuk menyampaikan pesan, isu sosial yang diangkat, dan kemasan film.

“Penilaian film pemenang festival menjadi sangat penting. Sebab, film pemenang festival akan menjadi referensi festival film selanjutnya bahkan festival film lain. Jadi ini akan jadi perdebatan sulit,” tambahnya.

30 besar film MAFI Fest  akan diputar di beberapa studio di Malang dan akan menjadi bahan referensi filmmaker lainnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help